Asuhan Gizi Klinik Pasien G1P0AO Dengan Tindakan Induksi Balon Iud Dan Hipokalemia Inpartu Di Rsud Panembahan Senopati Bantul

Maulidia, Aldalia Noor (2024) Asuhan Gizi Klinik Pasien G1P0AO Dengan Tindakan Induksi Balon Iud Dan Hipokalemia Inpartu Di Rsud Panembahan Senopati Bantul. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (RINGKASAN)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (140kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (105kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (126kB)
[img] Text (LAPORAN LENGKAP)
LAPORAN MAGANG FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46MB) | Request a copy

Abstract

Politeknik Negeri Jember merupakan perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi, yaitu suatu program pendidikan yang mengarahkan proses belajar mengajar pada tingkat keahlian dan mampu melaksanakan serta mengembangkan standar-standar keahlian secara spesifik.. Salah satu kegiatan pendidikan akademik yang dimaksud adalah kegiatan Praktek Kerja Lapang (PKL) yang dilakukan selama 1 (satu) semester. Semester ini mahasiswa secara mandiri dipersiapkan untuk mendapatkan pengalaman dan keterampilan khusus di lapangan sesuai bidang keahliannya masing-masing. Kegiatan PKL ini, para mahasiswa dipersiapkan untuk mengerjakan dan menyelesaikan serangkaian tugas yang menghubungkan pengetahuan akademiknya dengan keterampilan. Tujuan Praktek Kerja Lapang (PKL) secara umum adalah meningkatkan wawasan dan pengetahuan serta pemahaman mahasiswa mengenai kegiatan perusahaan/industri/ rumah sakit dan/atau instansi lainnya yang layak dijadikan tempat PKL, dan meningkatkan keterampilan pada bidang keahliannnya masing-masing agar mereka mendapat cukup bekal untuk bekerja setelah lulus Sarjana Sain Terapan (SST). Diagnosa medis salah satu pasien di RS Panembahan Senopati Bantul yaitu G1P0A0 induksi balon IUD. Hasil Antropometri Pasien Menunjukkan status gizi overweight dengan persentil LILA 120%. Hasil Biokimia pasien kadar kalium dan ureum pasien tergolong rendah. Hasil klinis pasien menunjukkan pasien Kondisi pasien sebelum melahirkan lemas dan nyeri pinggang. Tekanan darah pasien tergolong normal. Hasil dietary history pasien Selama rawat inap di rumah sakit pola makan pasien 3 kali sehari, pasien konsumsi makan utama dengan lauk pauk hewani dan nabati tanpa menggunakan sayuran. Pasien juga suka mengonsumsi gorengan. Diagnosis gizi pasien meliputi; perubahan berat badan padan pasien berlebih selama kehamilan berkaitan dengan overweigt ditandai dengan persentil LILA yaitu 120%, Peningkatan kebutuhan spesifik protein berkaitan dengan tindakan induksi balon ditandai dengan pasien pada tahap G1P0A0, Perubahan nilai laboratorium spesifik v kalium yang tidak normal berkaitan dengan hipokalemia ditandai dengan kadar kalium dalam darah pasien rendah, dan Asupan makanan oral inadekuat berkaitan dengan penururnan nafsu makan akibat pasien akan melakukan tindakan induksi balon ditandai dengan hasil recall pasien hanya mengonsumsi 54,3%. Intervensi pada pasien yaitu diberikan diet TETP untuk m encukupi kebutuhan asupan gizi bagi Ibu Hamil dan Post partum mencapai target 80%. Monitoring dan evaluasi pasien diketahui asupan makan pasien Ny.SL tergolong baik dengan presentase 80% dan dibandingkan dengan standart diet rumah sakit sudah mendekati untuk mencakup asupan makan dalam sehari.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorElisanti, Alinea DwiNIDN0711128001
Uncontrolled Keywords: Asuhan Gizi Klinik Pasien G1P0AO Dengan Tindakan Induksi Balon Iud Dan Hipokalemia Inpartu
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 354 - Ilmu Gizi
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Gizi Klinik > PKL
Depositing User: Aldalia Noor Maulidia
Date Deposited: 27 Jun 2024 02:38
Last Modified: 27 Jun 2024 02:38
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/33055

Actions (login required)

View Item View Item