Manajemen Asuhan Gizi Klinik Pasien Kondisi General Weakness, DM Hiperglikemi Diabetic Foot Dan Hipertensi di Ruang Rawat Inap Bougenville RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar

Nisa', Zahrotun (2023) Manajemen Asuhan Gizi Klinik Pasien Kondisi General Weakness, DM Hiperglikemi Diabetic Foot Dan Hipertensi di Ruang Rawat Inap Bougenville RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Zahrotun Nisa'_Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (77kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Zahrotun Nisa'_Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (83kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Zahrotun Nisa'_Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (131kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Zahrotun Nisa'_Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Hipertensi merupakan faktor risiko utama untuk terjadinya DM. Hubungannya dengan DM tipe 2 sangatlah kompleks, hipertensi dapat membuat sel tidak sensitif terhadap insulin (resisten insulin). Padahal insulin berperan meningkatkan ambilan glukosa di banyak sel dan dengan cara ini juga mengatur metabolisme karbohidrat, sehingga jika terjadi resistensi insulin oleh sel, maka kadar gula di dalam darah juga dapat mengalami gangguan. Pada penderita DM, kadar glukosa darah meningkat (hiperglikemia) sehingga terjadi resistensi cairan intravascular yang berakibat pada peningkatan volume cairan tubuh serta diikuti dengan kerusakan sistem vascular yang menyebabkan peningkatan resistensi arteri perifer. Berdasarkan hal tersebut, perlu adanya asuhan gizi yang tepat bagi pasien dengan diagnosa medis Kondisi General Weakness, DM Hiperglikemi Diabetic Foot Dan Hipertensi di Ruang Rawat Inap Bougenville RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar. Upaya yang dilakukan di antaranya memantau asupan makan pasien, memantau kondisi biokimia dan fisik klinis pasien, serta melakukan monitoring dan evaluasi terhadap upaya yang telah dilakukan. Pasien Tn. S (63 tahun) dengan berat badan estimasi LLA 57 kg dan tinggi badan estimasi ULNA 166 cm, masuk rumah sakit dengan keluhan utama yaitu badan lemas dan nyeri kaki. Pasien memiliki riwayat penyakit dahulu yaitu hipertensi, DM tidak terkontrol (tidak pernah konsumsi obat - obatan dan hanya memeriksakan diri ketika sakit saja) dan katarak. Hasil pemeriksaan biokimia Tn. S tanggal 10 Oktober 2023 yaitu hemoglobin 11,50 g/dl, leukosit 15.300/cmm, PCV 34,9%, MCH 26,7 pg, eritrosit 4.310.000, SGPT 22 u/L, BUN 35 mg/dl, dan ureum 74,90 mg/dl. Monitoring dan evaluasi dilakukan selama 3 hari yaitu mulai tanggal 12 – 14 November 2023. Pengamatan asupan makan dilakukan sebanyak 9 kali waktu makan utama dan 9 kali selingan. Diet yang diberikan kepada Tn. S yaitu Diet DM B1 kombinasi Diet Rendah Garam dengan bentuk makanan bubur. Perencanaan diet telah disesuaikan dengan prinsip dan syarat diet berdasarkan diagnosis penyakit yang dialami pasien.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWidiyawati, AgathaNIDN0006049003
Uncontrolled Keywords: General Weakness, DM Hiperglikemi, Diabetic Foot dan Hipertensi
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 354 - Ilmu Gizi
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Gizi Klinik > PKL
Depositing User: Zahrotun Nisa'
Date Deposited: 25 Jun 2024 01:49
Last Modified: 25 Jun 2024 01:50
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/33042

Actions (login required)

View Item View Item