Strategi Pemasaran Pada Ayam Gephok Pak Giek Di Jl. Mastrip, Kec. Sumbersari, Kab. Jember

Nisa', Nawal Khoirun (2024) Strategi Pemasaran Pada Ayam Gephok Pak Giek Di Jl. Mastrip, Kec. Sumbersari, Kab. Jember. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstract)
Abstract.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (106kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (129kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (228kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Usaha Ayam Gephok Pak Giek merupakan usaha kuliner yang menjual dan menerima pesanan makanan dari olahan ayam. Usaha Ayam Gephok Pak Giek menyediakan dua jenis olahan ayam, yaitu ayam gepuk kampung dan ayam gepuk potong. Ayam gephok kini banyak digemari oleh pengusaha-pengusaha baru yang ingin membuka usaha dengan menu serupa karena ketersediaan bahan baku yang mudah didapat. Banyaknya pesaing sejenis yang menyediakan menu serupa menyebabkan keuntungan yang didapat kurang optimal, sehingga dibutuhkan strategi untuk dapat bertahan dalam persaingan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis faktor internal dan eksternal pada strategi pemasaran Ayam Gephok Pak Giek. (2) Merumuskan alternatif strategi pemasaran pada Ayam Gephok Pak Giek. (3) Menentukan prioritas mana yang baik untuk pemasaran Ayam Gephok Pak Giek. Metode pada penelitian ini menggunakan analisis faktor internal dan eksternal melalui IFE dan EFE, Matriks IE, Matriks SWOT, dan Matris QSPM untuk penentuan prioritas dari alternatif strategi. Hasil dari metode tersebut usaha Ayam Gephok Pak Giek berada pada sel V, yang diperoleh dari nilai total skor bobot IFE (2,631) dan nilai total skor bobot EFE (2,991). Analisis matriks SWOT memperoleh 6 alternatif strategi pemasaran, kemudian dianalisis menggunakan matrisk QSPM yang menunjukkan bahwa prioritas strategi yang dapat diterapkan oleh usaha Ayam Gephok Pak Giek yaitu stategi mampertahankan cita rasa, kualitas produk, dan harga ditengah banyaknya pesaing serta selera konsumen yang berubah-ubah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorDhamayanthi, WennyNIDN0004087102
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, SWOT, QSPM
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 576 - Manajemen Industri
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D4 Manajemen Agroindustri > Tugas Akhir
Depositing User: Nawal Khoirun Nisa'
Date Deposited: 12 Jun 2024 01:16
Last Modified: 12 Jun 2024 01:16
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/32744

Actions (login required)

View Item View Item