Evaluasi Electronic Health Record Bagian Intalasi Rekam Medik dan Admisi dengan Metode End User Computating Satisfaction di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta Tahun 2021

Puspitasari, Ellyta Indah Dian (2021) Evaluasi Electronic Health Record Bagian Intalasi Rekam Medik dan Admisi dengan Metode End User Computating Satisfaction di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta Tahun 2021. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (8kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (288kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (129kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu rumah sakit yang turut serta dalam menerapkan SIMRS yaitu RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo dengan sebutan Electronic Health Record (EHR). Evaluasi terhadap sistem informasi yaitu Elctronic Health Record yang telah berjalan, perlu untuk dilakukan. Evaluasi ini untuk mengetahui aspek positif yang mendorong penggunaan Electronic Health Record dan mengidentifikasi faktor yang menimbulkan hambatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi Electronic Health Record Bagian Instalasi Rekam Medik dan Admisi dengan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Hail penelitian ini didapatkan bahwa hasil kepuasan pengguna masuk kriteria baik dan sangat baik, tetapi ada beberapa yang dapat ditingkatkan lagi dari performa EHR dari 5 variabel tersebut peneliti rangkum dalam rekomendasi. Disimpulkan bahwa rekomendasi untuk RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo yaitu perlunya melakukan suatu perbaikan dan bengembangan terhadap sistem EHR diantaranya menambahkan menu laporan yang dibutuhkan dengan lebih spesifik dan fungsional, menyempurnakan fitur sensus harian rawat inap, mengembangkan master patient index system, menambahkan fitur ganti warna tampilan system oleh user, dan pemantauan, pengecekan, pembersihan dan pemeliharaan berkala terhadap hardware, software dan jaringan, penambahan menu bantuan dan melengkapi isi buku petunjuk penggunaan system informasi.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAlfiansyah, GamasianoNIDN0705049003
Uncontrolled Keywords: EHR, EUCS, Evaluasi, Rekam Medis, Rumah Sakit
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > Sistem Informasi Kesehatan
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > PKL
Depositing User: Ellyta Indah Dian Puspitasari
Date Deposited: 04 Apr 2024 08:11
Last Modified: 04 Apr 2024 08:11
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/31496

Actions (login required)

View Item View Item