Salsabil Laila, Nadia (2024) Hubungan Literasi Gizi dengan Pengetahuan Gizi, Asupan Makan, dan Status Gizi Remaja SMA Muhammadiyah 3 Jember. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.
Text (Abstract)
ABSTRAK SKRIPSI.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (74kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (146kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (150kB) |
|
Text (Skripsi Lengkap)
tanpa lampiran-1-87.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Literasi gizi adalah sejauh mana seseorang dalam mendapatkan informasi terkait gizi, memproses informasi, dan memahami informasi yang didapat sehingga mampu membuat keputusan yang tepat terkait gizi. Literasi berperan penting dalam meningkatkan pengetahuan. Pengetahuan tentang gizi memberikan kontribusi bagi seseorang dalam memilih dan menentukan makanan, yang akan berperan pada asupan makannya serta status gizinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan literasi gizi dengan pengetahuan gizi, asupan makan dan status gizi remaja SMA Muhammadiyah 3 Jember. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA Muhammadiyah 3 Jember kelas 11 dan 12 yang berjumlah 159 siswa, yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Data literasi gizi, pengetahuan gizi diambil dengan penyebaran kuesioner. Data asupan makan diambil dengan Food Record 2x24 jam. Data status gizi diambil dengan pengukuran berat badan dan tinggi badan. Analisis statistik penelitian ini menggunakan uji Chi Square. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan bermakna antara literasi gizi dengan pengetahuan gizi remaja (p=0,034), terdapat hubungan bermakna antara literasi gizi dengan asupan energi (p=0,005), tidak terdapat hubungan bermakna antara literasi gizi dengan asupan protein (p=0,340), tidak terdapat hubungan bermakna antara literasi gizi dengan asupan lemak (p=0,326), terdapat hubungan bermakna antara literasi gizi dengan asupan karbohidrat remaja (p=0,003), terdapat hubungan bermakna antara literasi gizi dengan status gizi remaja (p=0,000)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Literasi Gizi, Pengetahuan Gizi, Asupan Makan, Status Gizi, Remaja | ||||||
Subjects: | 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 351 - Kesehatan Masyarakat 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 353 - Kebijakan Kesehatan (dan Analis Kesehatan) 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 354 - Ilmu Gizi |
||||||
Divisions: | Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Gizi Klinik > Tugas Akhir | ||||||
Depositing User: | Nadia Salsabil Laila | ||||||
Date Deposited: | 05 Apr 2024 08:17 | ||||||
Last Modified: | 05 Apr 2024 08:18 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/31491 |
Actions (login required)
View Item |