Hubungan Konsumsi Makanan Kariogenik dan Cara Menyikat Gigi dengan Karies Gigi pada Anak Usia Sekolah di SDN 1 Rambipuji

Jaqquelien, Tiara (2024) Hubungan Konsumsi Makanan Kariogenik dan Cara Menyikat Gigi dengan Karies Gigi pada Anak Usia Sekolah di SDN 1 Rambipuji. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (ABSTRACT)
ABSTRACT.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (166kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (299kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (404kB)
[img] Text (LAPORAN LENGKAP)
LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Karies gigi merupakan masalah utama dalam kesehatan gigi dan mulut. Bakteri yang sering menyebabkan kerusakan gigi adalah Streptococcus mutans dan Lactobacillus. Makanan yang memiliki sifat kariogenik adalah makanan yang cenderung lengket, menempel pada gigi, dan memiliki kandungan gula serta karbohidrat yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan konsumsi makanan kariogenik dan cara menyikat gigi dengan karies gigi pada anak usia sekolah. Penelitian ini menggunakan desain penelitian analitik observasional dengan metode cross-sectional yang dilaksanakan pada bulan September 2023 di SDN 1 Rambipuji, Kabupaten Jember. Populasi penelitian ini adalah siswa/siswi kelas 4, 5, dan 6 SDN 1 Rambipuji dengan total 92 siswa, dan subjek yang digunakan dihitung menggunakan rumus Lemeshow finite dengan jumlah 72 siswa. Dilakukan analisis statistik chi-square dengan menggunakan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara konsumsi makanan kariogenik dengan karies gigi pada anak usia sekolah di SDN 1 Rambipuji, Kabupaten Jember (p<0,05). Namun, tidak terdapat hubungan yang signifikan antara cara menyikat gigi dengan karies gigi pada anak usia sekolah di SDN 1 Rambipuji, Kabupaten Jember (p>0,05). Perlunya diadakan penyuluhan tentang apa itu makanan kariogenik dan dampak dari seringnya mengkonsumsi makanan kariogenik terhadap karies gizi dan diadakan pemeriksaan rutin yang difasilitasi oleh sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorPuspita, Surya DewiNIDN0029058907
Uncontrolled Keywords: karies gigi, kesehatan mulut, kariogenik
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 354 - Ilmu Gizi
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Gizi Klinik > Tugas Akhir
Depositing User: Tiara Jjaqquelien
Date Deposited: 03 Apr 2024 03:50
Last Modified: 03 Apr 2024 03:51
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/31430

Actions (login required)

View Item View Item