Hubungan Pola Asuh Makan Dan Penyakit Infeksi Dengan Tingkat Kecukupan Zat Gizi Makro Pada Balita Gizi Kurang Di Puskesmas Kalisat Kabupaten Jember

Qoriah, Vebbia Ainur (2023) Hubungan Pola Asuh Makan Dan Penyakit Infeksi Dengan Tingkat Kecukupan Zat Gizi Makro Pada Balita Gizi Kurang Di Puskesmas Kalisat Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (ABSTRACT)
ABSTRACT.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (189kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (323kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (443kB)
[img] Text (LAPORAN LENGKAP)
Vebbia Ainur Qoriah_G42192268_Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Gizi kurang adalah status kondisi seseorang yang kekurangan gizi atau gizinya di bawah rata rata. Gizi kurang dapat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain makanan dan penyakit infeksi yang mungkin diderita oleh balita, ketahanan pangan dikeluarga, pola pengasuhan anak, pelayanan kesehatan dan kesehatan lingkungan, faktor tingkat pendidikan, pengetahuan dan keterampilan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan pola asuh makan dan penyakit infeksi dengan tingkat kecukupan zat gizi makro pada balita gizi kurang di Puskesmas Kalisat Kabupaten Jember. Jenis penelitian ini merupakan kualitatif dengan desain cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu yang memiliki balita gizi kurang di Wilayah Kerja Puskesmas Kalisat Kabupaten Jember sebanyak 451 ibu balita gizi kurang. Pengumpulan data menggunakan data puskesmas, pengukurang berat badan, panjang badan, kuesioner pola asuh makan, kuesioner penyakit infeksi, dan form food recall. Analisis statistik menggunakan SPSS 22.0 dengan uji korelasi Chi-Square. Hasil ada hubungan pola asuh makan dengan tingkat kecukupan energi, protein, lemak balita gizi kurang di ( p= 0,005), ( p= 0,030), ( p= 0,030). Tidak ada hubungan pola asuh makan dengan tingkat kecukupan karbohidrat ( p= 0,353). Tidak ada hubungan penyakit infeksi dengan tingkat kecukupan energi, protein, lemak , sudah karbohidrat ( p= 0,428), ( p= 0,687), ( p= 0,446), dan ( p= 0,172).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAmareta, Dahlia IndahNIDN0014118401
Uncontrolled Keywords: Gizi Kurang, Pola Asuh Makan, Penyakit Infeksi, Tingkat Kecukupan Zat Gizi Makro
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 354 - Ilmu Gizi
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Gizi Klinik > Tugas Akhir
Depositing User: Vebbia Ainur Qoriah
Date Deposited: 27 Mar 2024 01:23
Last Modified: 27 Mar 2024 01:24
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/31119

Actions (login required)

View Item View Item