Analisis Faktor Penyebab Pending Klaim BPJS Rawat Inap Di RSPAL dr. Ramelan Surabaya

Setyowati, Evy (2024) Analisis Faktor Penyebab Pending Klaim BPJS Rawat Inap Di RSPAL dr. Ramelan Surabaya. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
abstrak.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (115kB)
[img] Text (Bab 1. Pendahuluan)
Bab 1. Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (349kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (414kB)
[img] Text (Laporan lengkap)
Laporan lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pending klaim adalah masalah berkas klaim yang dikembalikan ke rumah sakit untuk dilakukan revisi agar sesuai dengan petunjuk teknis verifikasi klaim. RSPAL dr. Ramelan Surabaya memiliki permasalahan dalam pengelolaan klaim BPJS yaitu pending klaim. Studi pendahuluan menunjukkan data pending klaim BPJS rawat inap periode bulan Februari-Juli sebanyak 7,753% atau 902 berkas. Kondisi ini berdampak pada keterlambatan pencairan dana klaim. Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor penyebab pending klaim BPJS rawat inap di RSPAL dr. Ramelan Surabaya dengan menggunakan teori perilaku Lawrence Green yang meliputi faktor predisposisi, faktor pendukung dan faktor pendorong. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Penentuan prioritas masalah dengan menggunakan metode Urgency, Seriousness, Growth (USG) dan dilanjutkan upaya perbaikan dengan Brainstorming. Hasil penelitian yang didapatkan peneliti dari faktor predisposisi yaitu pendidikan petugas klaim tidak berlatar belakang rekam medis, pengetahuan yang menyebabkan ketidaksesuaian penegakan kode diagnose, sikap kepedulian petugas yang belum optimal terhadap ketidaksesuaian data, faktor pendukung yaitu SIMRS tidak bisa optimal karena data klaim tidak bisa ditarik secara keseluruhan, tidak terdapat pelatihan bagi petugas entry klaim, faktor pendorong yaitu tidak adanya SOP pengkodingan dan tidak adanya punishment bagi petugas yang melakukan kesalahan. Solusi dari masalah tersebut yaitu perlu adanya pelatihan, petugas melakukan konfirmasi ulang kepada DPJP, melakukan pengentrian dengan regulasi yang berlaku, melakukan cek riwayat hasil pemeriksaan penunjang, petugas mengentry klaim dengan koding resources terbesar, perbaikan SIMRS melalui tim IT, pembuatan SOP penarikan data.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNuraini, NovitaNIDN0007118403
Uncontrolled Keywords: Pending Klaim, BPJS, Perilaku, Brainstorming
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > Sistem Informasi Kesehatan
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > Tugas Akhir
Depositing User: Evy Setyowati
Date Deposited: 06 Mar 2024 03:48
Last Modified: 06 Mar 2024 03:49
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/30879

Actions (login required)

View Item View Item