Analisis Faktor Penyebab Ketidaksesuaian Data pada Pengisian Sensus Harian Rawat Inap di RSUD dr. Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto

Risdayanti, Dewi (2024) Analisis Faktor Penyebab Ketidaksesuaian Data pada Pengisian Sensus Harian Rawat Inap di RSUD dr. Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (225kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (170kB)
[img] Text (LAPORAN LENGKAP)
DEWI RISDAYANTI (G41212460).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Abstract)
ABSTRAK.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (124kB)

Abstract

Sensus harian adalah kegiatan pendataan atau penghitungan jumlah pasien yang bertujuan untuk mengatur pasien yang masuk dan keluar, melengkapi catatan medis, serta mengisi formulir indikator pelayanan rumah sakit. Ditemukan masalah ketidaksesuaian data pada pencatatan sensus harian rawat inap di RSUD dr. Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto Sebesar 32% pada bulan februari, 35% pada bulan Maret, dan 61% pada bulan Mei. Tujuan penelitian yaitu menganalisis faktor penyebab ketidaksesuaian data pada pengisian sensus harian rawat inap berdasarkan predisposing factors, enabling factors, reinforcing factors. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data melalui proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Informan penelitian terdiri dari 3 perawat ruangan, 1 admin, 1 petugas pengolahan data, dan kepala instalasi rekam medis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada predisposing factor terdapat sikap perawat yang kurang respon terhadap ketidaksesuaian data yang dituliskan pada sensus harian rawat inap, pada enabling factor sistem yang masih manual menjadi penyebab masalah pengisian sensus harian rawat inap, pada reinforcing factors terdapat ketidaksesuaian implementasi standard operational procedure (SOP), tidakadanya pemberian reward dalam pelaksanaan sensus harian rawat inap, sosialisasi terkait SOP yang tidak menyeluruh, serta SOP yang ada belum merincikan prosedur yang dilakukan pada pengisian sensus harian rawat inap di rumah sakit. Upaya perbaikan yang dapat dilakukan yaitu cross check data oleh perawat serta pemantauan langsung oleh Kepala Instalasi, pengadaan sistem elektronik, pemberian reward, dan revisi SOP.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWijayanti, Rossalina AdiNIDN0719028401
Uncontrolled Keywords: Sensus Harian Rawat Inap, Ketidaksesuaian data, Perilaku
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 353 - Kebijakan Kesehatan (dan Analis Kesehatan)
340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > Sistem Informasi Kesehatan
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > Tugas Akhir
Depositing User: Dewi Risdayanti
Date Deposited: 06 Mar 2024 03:51
Last Modified: 06 Mar 2024 04:00
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/30869

Actions (login required)

View Item View Item