Manajemen Asuhan Gizi Klinik Pada Pasien Diabetes Melitus, Gangren Pedis Dan Hipertensi Dengan Riwayat Penyakit Jantung Koroner Di Rumah Sakit Husada Utama Surabaya

Yustyasrini, Astri (2022) Manajemen Asuhan Gizi Klinik Pada Pasien Diabetes Melitus, Gangren Pedis Dan Hipertensi Dengan Riwayat Penyakit Jantung Koroner Di Rumah Sakit Husada Utama Surabaya. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (RINGKASAN)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (59kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (134kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (127kB)
[img] Text (LAPORAN LENGKAP)
LAPORAN LENGKAP MAGK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB) | Request a copy

Abstract

Diabetes Melitus (DM) merupakan kumpulan penyakit metabolik yang ditandai dengan hiperglikemi akibat kerusakan sekresi insulin, kinerja insulin, atau keduanya. Komplikasi pada penderita DM lebih sering timbul pada pasien yang menderita hipertensi, dislipidemia dan kegemukan sehingga dapat mengakibatkan timbulnya penyakit jantung koroner, penyakit pembuluh darah otak, dan penyakit pembuluh darah perifer. Penderita DM juga rentan mengalami infeksi pada kaki yang kemudian menjadi gangren pedis dan meningkatkan kasus amputasi. Proses Asuhan Gizi Terstandar (PAGT) merupakan suatu pendekatan sistematik dalam memberikan pelayanan asuhan gizi yang berkualitas, melalui serangkaian kegiatan yang terorganisir mulai dari identifikasi kebutuhan gizi sampai pemberian pelayanannya untuk memenuhi kebutuhan gizi. PAGT ini dilakukan pada pasien Ny. KS dengan diagnosis medis yaitu diabetes melitus, gangren pedis dan hipertensi dengan riwayat penyakit jantung koroner. Tujuan diberikan PAGT ini untuk pengkajian gizi, diagnosis gizi, menyusun rencana intervensi gizi, menyusun rencana monitoring dan evaluasi gizi, menyusun menu, dan konsultasi gizi pada pasien. Observasi pada pasien dilakukan di rRmah Sakit Husada Utama Surabaya lantai 12 pada tanggal 22-24 November 2022. Pasien diberikan diet Diabetes Melitus, Kardiovaskuler, dan Rendah Garam 1350 kkal dan juga edukasi dengan metode diskusi disertai dengan media leaflet. Hasil monitoring dan evaluasi pasien tidak terdapat perubahan berat badan pasien, hasil laboratorium pasien semakin membaik, hasil pemeriksaan fisik klinis pada hari pertama hingga terakhir yaitu tekanan darah pasien mengalami penurunan, dan hasil dari perkembangan pola makan dan asupan makan pasien semakin membaik.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWerdiharini, Agustina EndahNIDN0021087002
Uncontrolled Keywords: Manajemen Asuhan Gizi Klinik
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 354 - Ilmu Gizi
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Gizi Klinik > PKL
Depositing User: Astri Yustyasrini
Date Deposited: 04 Mar 2024 09:31
Last Modified: 04 Mar 2024 09:32
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/30811

Actions (login required)

View Item View Item