Analisis Usaha Pengemasan Sale Pisang “Maknyuss” Di Kecamatan Kencong Kabupaten Jember

Kristinawati, Ribka (2024) Analisis Usaha Pengemasan Sale Pisang “Maknyuss” Di Kecamatan Kencong Kabupaten Jember. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (492kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (304kB)
[img] Text (Full Text)
D31211997_Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (282kB)

Abstract

Tujuan1tugas1akhir1ini1adalahqdapatwmelakukaneprosesapengemasan,menganalisisausahaqmenggunakanrmetode pengumpulan1data yaitu pengumpulandata/secara primer1danspengumpulan1data secara sekunder, dan dapat melakukanproses pemasaran sale pisang “maknyuss.sPelaksanaan1tugasrakhir1dilakukansdiKecamatan1Kencong Kabupaten1Jember selama14 bulan1dari1awal 1 Juni 2023sampai1akhir 30 September 2023, praktek1langsung meliputi1praktek pengemasansampai1hasil pemasaran. Pengemasan1sale pisang “maknyuss” dilakukan.sebanyak 2kali produksi, dalam1sekali proses1produksi dengan1waktu 3 jam1denganmenggunakan 1 tenaga1kerja, setiap1produksi menghasilkan133 kemasan.Metode1analisis usaha1yang digunakan1ialah BEP,1R/C Ratio, dan1ROI. Bauranpemasaran1yang digunakan1pada usaha ini1meliputi 4P1product (produk), price(harga),1place (saluran distribusi1atau tempat),1dan promotion (promosi). Hasilanalisis usaha nilai BEP (Produksi) 28,48 kemasan dari hasil produksi 33 kemasandan nilai BEP (Harga) Rp 10.359,80 dari harga jual Rp 12.000,00 per kemasan,nilai R/C Ratio 1,15 dan ROI 1,14%, berdasarkan hasil 3 analisis usahamenunjukkan bahwa usaha dapat dikatakan layak dijalankan. Pemasaran produksale pisang “maknyuss” dengan harga jual Rp 12.000,00 dikemas menggunakanstanding pouch memiliki berat 150 gram/kemasan dan didistribusikan dengan duasaluran pemasaran yaitu dengan saluran pemasaran langsung dari produsen kepadakonsumen yang berlokasi di kawasan Kencong, Tembokrejo, Kampus PoliteknikNegeri Jember serta dipromosikan dengan metode personal selling maupunmenggunakan periklanan secara tidak langsung dengan media sosial Instagram,Shopee, dan WhatApps.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWiyono, Luluk CahyoNIDN0027067907
Uncontrolled Keywords: Analisis Usaha, Sale Pisang “Maknyuss”
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Ribka Kristinawati
Date Deposited: 01 Mar 2024 03:33
Last Modified: 01 Mar 2024 03:34
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/30809

Actions (login required)

View Item View Item