Pemanfaatan Pasir Vulkanik Gunung Semeru Sebagai Bahan Pasir Cetak Dan Lumpur Lapindo Sebagai Pengikat Pada Pengecoran Aluminium Piston Bekas Dengan Variasi Komposisi Terhadap Uji Kekerasan Dan Bending

Hendrianto, Firdana (2024) Pemanfaatan Pasir Vulkanik Gunung Semeru Sebagai Bahan Pasir Cetak Dan Lumpur Lapindo Sebagai Pengikat Pada Pengecoran Aluminium Piston Bekas Dengan Variasi Komposisi Terhadap Uji Kekerasan Dan Bending. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (ABSTRACT)
ABSTRACT.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (11kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (180kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (286kB)
[img] Text (LAPORAN LENGKAP)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kualitas produk dari proses pengecoran cetakan pasir dipengaruhi oleh spesifikasi pasir, bahan pengikat, dan komposisi cetakan. Bahan yang belum banyak digunakan untuk cetakan dan pengikat meliputi pasir vulkanik dan lumpur Lapindo. Dalam penelitian ini, digunakan cetakan yang terbuat dari kedua bahan tersebut. Beberapa campuran bahan digunakan sebagai cetakan dan bahan pengikat dalam penelitian ini yaitu pasir Vulkanik Gunung Semeru, Lumpur Lapindo, Air. Variasi komposisi yang digunakan pada penelitian ini diantaranya yaitu Komposisi 1 Pasir Vulkanik Gunung Semeru 77%, Lumpur Lapindo 13%, Air 10%, Komposisi 2 Pasir Vulkanik Gunung Semeru 74%, Lumpur Lapindo 16%, Air 10%, Komposisi 3 Pasir Vulkanik Gunung Semeru 71%, Lumpur Lapindo 19%, Air 10% dan menggunakan piston bekas sebagi material yang dilebur. Hasil uji kekerasan brinnel pada komposisi 1 dengan nilai rata-rata 50,8 HBW, komposisi 2 dengan nilai rata-rata 44,3 HBW, komposisi 3 dengan nilai rata-rata 42,5 HBW. Untuk nilai uji bending komposisi 1 dengan nilai rata-rata 186 MPa, komposisi 2 dengan nilai rata-rata 238,5 MPa, komposisi 3 dengan nilai rata-rata 259,125 Mpa. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa semakin besar persentase lumpur lapindo sebagai pengikat maka hasil dari uji kekerasan semakin menurun, sedangkan semakin besar persentase lumpur lapindo maka hasil dari uji bending semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAzhar, Faruq AveroNIDN0017049207
Uncontrolled Keywords: Pengecoran cetakan pasir, pasir Vulkanik Gunung Semeru, Lumpur Lapindo, Piston Bekas, Variasi Komposisi Cetakan, Pengujian Kekerasan Brinnel, Pengujian Bending.
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 431 - Teknik Mesin (dan Ilmu Permesinan Lain)
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 442 - Teknik Fisika
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 443 - Teknik Enerji
Divisions: Jurusan Teknik > Prodi D4 Mesin Otomotif > Tugas Akhir
Depositing User: Firdana Hendrianto
Date Deposited: 26 Feb 2024 02:34
Last Modified: 26 Feb 2024 02:35
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/30758

Actions (login required)

View Item View Item