Analisis Kinerja Baterai Lithium Ion Rakitan Ditinjau Dari Konsumsi Energi Pada Kendaraan Buggy

trisna, Ardi (2024) Analisis Kinerja Baterai Lithium Ion Rakitan Ditinjau Dari Konsumsi Energi Pada Kendaraan Buggy. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (ABSTRACT)
ABSTRACT.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (60kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (132kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (154kB)
[img] Text (LAPORAN LENGKAP)
SKRIPSI LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kendaraan listrik (EV) adalah jenis kendaraan yang menggunakan satu atau lebih motor listrik atau mesin traksi untuk tenaga penggerak Karena biaya yang tinggi dan ketergantungan pada baterai, bahan bakar kendaraan listrik, sangat sedikit orang di dunia saat ini yang menggunakannya. Akibatnya, kendaraan listrik semakin berkembang dan bahkan mulai dijual di berbagai negara, termasuk Indonesia. Baterai adalah salah satu bagian mobil listrik yang paling penting karena digunakan sebagai sumber arus untuk seluruh sistem kelistrikan dan menyimpan energi saat terjadi proses pengisian. Saat sistem starter dihidupkan, baterai menyediakan arus untuk mesin, lampu, dan komponen kelistrikan lainnya. Karena mobil listrik ini membutuhkan banyak energi listrik, penelitian lebih lanjut dilakukan untuk menentukan kinerja baterai lithium ion ditinjau dari konsumsi energi dengan variasi kecepatan motor BLDC 3 kw terhadap baterai pack lithium ion dengan kapasitas 72 v 15,6 ah dan baterai rakitan lithium ion dengan kapasitas 72v 26 ah baterai yang akan digunakan untuk mobil Listrik jenis buggy. Hasil dari analisa konsumsi energi didapatkan bahwa daya dan arus perbedaanya tidak terlalu signifikan namun memiliki waktu pemakaian yang berbeda dan menghasilkan waktu pemakaian serta jarak tempuh yang lebih baik pada baterai rakitan dengan kapasitas 72 v 26 ah pada kendaraan listrik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorKarimah, Cahyaning NurNIDN0007109104
Uncontrolled Keywords: baterai, discharging, kapasitas baterai, kendaraan lisrik
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 431 - Teknik Mesin (dan Ilmu Permesinan Lain)
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 443 - Teknik Enerji
Divisions: Jurusan Teknik > Prodi D4 Mesin Otomotif > Tugas Akhir
Depositing User: Ardi Trisna
Date Deposited: 26 Feb 2024 02:30
Last Modified: 26 Feb 2024 02:31
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/30754

Actions (login required)

View Item View Item