Avifuddin, Ahmad Aisda (2024) Analisis Usaha Bakpia Ubi Ungu Di Desa Buduan Kecamatan Suboh Kabupaten Situbondo. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (27kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (35kB) |
|
Text (Full Text)
D31212032_Laporan Lengkap.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (29kB) |
Abstract
Bakpia adalah makanan yang terbuat dari campuran kacang hijau dengangula yang dibungkus dengan tepung kemudian dipanggang. Saat penyebutan namabakpia, pastilah pikiran tertuju ke Yogyakarta. Di Desa Buduan cukup banyakpedagang yang menjual ubi ungu, karena itu di Desa Buduan mempunyai potensiyang cukup menjanjikan namun belum dikembangkan dan dimanfaatkan denganoptimal dalam penganekaragaman produk olahan pangan. Tujuan tugas akhir iniyaitu mampu melaksanakan proses produksi bakpia ubi ungu di Desa BuduanKecamatan Suboh Kabupaten Situbondo, mampu melakukan analisis usaha diDesa Buduan Kecamatan Suboh Kabupaten Situbondo, mampu menerapkanbauran pemasaran di Desa Buduan kecamatan Suboh Kabupaten Situbondo.Pelaksanaan tugas akhir ini dilakukan selama 5 bulan terhitung sejak tanggal 9Agustus 2023 sampai 31 Desember 2023. Metode analisis usaha yang digunakandalam analisis usaha bakpia ubi ungu ini adalah BEP (Break Event Point), R/CRatio (Revenue Cost Ratio) dan ROI (Return On Investment). Dari hasil analisisusaha bakpia ubi ungu ini menunjukkan nilai BEP (produksi) sebanyak 19,7267kemasan dengan jumlah produksi 22 kemasan, BEP (harga) sebanyak Rp.7.173,36/kemasan dengan harga jual Rp 8.000, R/C Ratio sebesar 1,115, dan ROIsebesar 2,296%. Hal ini menyatakan bahwa analisis usaha bakpia ubi ungu inimenguntungkan dan layak untuk kembangkan. Bauran pemasaran yang dilakukanmeliputi product (Bakpia Ubi Ungu), price (Rp. 8.000/kemasan) place(menggunakan saluran pemasaran langsung), dan promotion menggunakanpersonal selling dan media sosial.
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Bakpia Ubi Ungu dan Analisis Usaha. | ||||||
Subjects: | 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen | ||||||
Divisions: | Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir | ||||||
Depositing User: | Ahmad Aisda Avifuddin | ||||||
Date Deposited: | 13 Feb 2024 06:39 | ||||||
Last Modified: | 13 Feb 2024 06:43 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/30574 |
Actions (login required)
View Item |