Analisis Usaha Peanut Cake (Kue Kacang) di Desa Sumberanyar Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo

Safitri, Eka Rahmatus (2024) Analisis Usaha Peanut Cake (Kue Kacang) di Desa Sumberanyar Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (47kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (53kB)
[img] Text (Full Text)
D31212127_Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (110kB)

Abstract

Kegiatan tugas akhir ini dilaksanakan di Desa Sumberanyar Kecamatan PaitonKabupaten Probolinggo dimulai pada bulan Juni 2023 sampai September 2023.Tujuan dilaksanakannya tugas akhir ini untuk melakukan proses pembuatan,menghitung analisis kelayakan usaha, dan melakukan pemasaran Peanut Cake (KueKacang) di Desa Sumberanyar Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo. Metodeanalisis yang digunakan untuk menghitung kelayakan usaha diantaranyamenggunakan metode analisis BEP (Break Even Point), metode analisis usaha R/CRatio (Revenue Cost Ratio), dan metode analisis usaha usaha ROI (Return OnInvestement). Produk dari tugas akhir ini adalah Peanut Cake (Kue Kacang) denganberat bersih 333 gram dan dalam 1 kali proses produksi menggunakan adonansebanyak 5 kg 400 gram yang menghasilkan 13 kemasan. Harga yang ditetapkanyaitu Rp. 22.000,00/kemasan. Hasil perhitungan analisis usaha menunjukan bahwanilai BEP (produksi) sebesar 9,03 kemasan dari total dalam 1 kali proses produksisebanyak 13 kemasan, nilai BEP (harga) sebesar Rp. 15.291,79/kemasan denganharga jual Rp. 22.000,-/kemasan, nilai R/C Ratio sebesar 1,43, nilai ROI sebesar10,34% dan laba sebesar Rp. 87.206,65 sehingga usaha ini menguntungkan danlayak untuk diusahakan. Kemudian untuk pemasaran yang dilakukan diantaranyapemasaran secara langsung yaitu dipasarkan dari produsen ke konsumen sedangkanpemasaran tidak langsung dipasarkan melalui perantara yaitu reseller. Promosiyang digunakan yaitu promosi secara langsung (Personal Selling) dan promosimelalui posting media sosial dan iklan melalui WhatsApp, Instagram, danFacebook.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorPutra, Mohammad Edwinsyah YanuanNIDN0025088805
Uncontrolled Keywords: Analisis Usaha, Kue Kacang
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Eka Rahmatus Safitri
Date Deposited: 13 Feb 2024 06:37
Last Modified: 13 Feb 2024 06:38
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/30573

Actions (login required)

View Item View Item