Analisis Usaha Bawang Bombai Crispy Varian Rasa di Desa Triwungan Kecamatan Kotaanyar Kabupaten Probolinggo

Supriyanto, Ahmad Adi (2024) Analisis Usaha Bawang Bombai Crispy Varian Rasa di Desa Triwungan Kecamatan Kotaanyar Kabupaten Probolinggo. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (215kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (202kB)
[img] Text (Full Text)
D31210918_Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (216kB)

Abstract

Bawang bombai crispy varian rasa merupakan diversifikasi produk dari olahanbawang bombai, yang berbentuk seperti ring atau cincin. Bawang bombai varianrasa memiliki tiga varian rasa diantaranya rasa balado, rasa barbeque (BBQ), danrasa original dengan menggunakan saos sachet. Tujuan melaksanakan tugas akhirialah melakukan proses produksi bawang bombai crispy varian rasa, melakukananalisis usaha menggunakan BEP, R/C Ratio dan ROI, serta menerapkan bauranpemasaran. Pelaksanaan Tugas akhir ini dilakukan di Desa Triwungan KecamatanKotaanyar Kabupaten Probolinggo dengan melaksanakan proses produksisebanyak 6 kali, pada tanggal 20 Agustus sampai 2 November 2023. Jumlah bahanbaku yang digunakan adalah 2 Kg yang menghasilkan 46 kemasan dan dijualdengan harga Rp 7.000 per kemasan. Proses produksi bawang bombai crispy varianrasa terdapat beberapa tahapan yang terdiri dari persiapan alat dan bahan,pemotongan dan pencucian, pencampuran bumbu, penggorengan, pencampuranbumbu rasa, serta pengemasan. Hasil analisis usaha untuk satu kali produksimenghasilkan keuntungan sebesar Rp 93.965,54, BEP (produksi) sebesar 32,5763kemasan dengan total produksi sebanyak 46 kemasan, BEP (harga) sebesar Rp4.957,2709 per kemasan dengan harga jual Rp 7.000 per kemasan, R/C Ratio senilai1,4120 dan ROI senilai 12,4667%. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkanbahwa usaha ini layak untuk diusahakan dan menguntungkan. Saluran pemasaranyang digunakan yaitu saluran pemasaran secara lansung dengan sistem promosipersonal selling dan penjualan pre order dengan memanfaatkan media whatsapp.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWidyatami, Linda EkadewiNIDN0008038404
Uncontrolled Keywords: Analisis Usaha, Bawang Bombai, Rasa, Varian
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Ahmad Adi Supriyanto
Date Deposited: 12 Feb 2024 03:15
Last Modified: 12 Feb 2024 03:16
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/30543

Actions (login required)

View Item View Item