Rahayu, Rivera Angelina (2024) Analisis usaha Opak Singkong Rasa Ayam Balado Di Desa Sidomekar Kecamatan Semboro Kabupaten Jember. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (292kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (559kB) |
|
Text (Full Text)
D31211427_Laporan Lengkap.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (273kB) |
Abstract
Opak Singkong Rasa Ayam Balado merupakan makanan ringan dengan tekstur garing dan renyah yang terbuat dari bahan utama yaitu singkong yang dipadukan bahan lainnya seperti bawang putih, daging ayam, tepung tapioka, garam, penyedap rasa, lada bubuk dan air yang kemudian digoreng dan ditaburi bumbu rasa balado. Pelaksanaan Tugas Akhir ini bertujuan agar dapat melaksanakan proses produksi, dapat menganalisis usaha dan dapat melakukan bauran pemasaran opak singkong rasa ayam balado. Tugas akhir ini dilaksanakan selama 5 (lima) bulan yang dimulai dari tanggal 01 Agustus 2023 sampai dengan 20 Desember 2023 yang dilaksanakan di Desa Sidomekar, Kecamatan Semboro Kabupaten Jember. Metode analisis usaha yang digunakan dalam usaha opak singkong rasa ayam balado yaitu Break Event Point (BEP), Revenue Cost Ratio (R/C Ratio), dan Return On Investmen (ROI). Setiap 1 kali proses produksi menghasilkan 27 kemasan dengan berat 100 gram per kemasan. Analisis usaha opak singkong rasa ayam balado yang telah dilakukan dengan analisis BEP (produksi) dan BEP (harga), R/C Ratio, dan ROI usaha opak singkong rasa ayam balado memperoleh BEP (produksi) 20,28 kemasan dari produksi 27 kemasan dan nilai BEP (harga) Rp 8.260,81 dengan harga jual Rp 11.000,-, nilai R/C Ratio 1,33 dan nilai ROI 7,66% maka usaha ini menguntungkan dan dapat dilanjutkan. Metode pemasaran opak singkong rasa ayam balado menggunakan bauran pemasaran 4P (product, price, promotion, place). Saluran pemasaran yang dilakukan pada usaha opak singkong rasa ayam balado menggunakan saluran pemasaran secara langsung. Promosi yang dilakukan dengan personal selling (penjualan pribadi) kepada calon konsumen dan melalui media sosial WhatsApp dan Instagram.
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Opak Singkong Rasa Ayam Balado, Analisis Usaha, Pemasaran | ||||||
Subjects: | 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen | ||||||
Divisions: | Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir | ||||||
Depositing User: | Rivera Angelina Rahayu | ||||||
Date Deposited: | 06 Feb 2024 04:02 | ||||||
Last Modified: | 06 Feb 2024 04:03 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/30443 |
Actions (login required)
View Item |