Analisis Usaha Pengemasan “Camil Mantulita” Produk Basreng di Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember

Atmika, Nuriyah Aprilia (2024) Analisis Usaha Pengemasan “Camil Mantulita” Produk Basreng di Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (418kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (325kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
D31212049_Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (307kB)

Abstract

Tujuan dilaksanakannya tugas akhir ini untuk melakukan proses pengemasan,menghitung analisis kelayakan usaha, dan melakukan pemasaran “Camil Mantulita”produk Basreng di Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember. Pelaksanaan TugasAkhir dilakukan selama 4 bulan dimulai pada bulan Agustus sampai dengan bulanNovember 2023. Camil Mantulita merupakan branding usaha atau nama yangditetapkan sebagai identitas usaha agar dikenal banyak masyarakat. Pada usahaPengemasan “Camil Mantulita” ini memiliki branding product yaitu “Mantulita”.Produk dalam usaha pengemasan “Camil Mantulita” diantaranya Basreng pedas danoriginal, Usus Crispy pedas dan original, Cimol Crispy pedas dan original, sertaMolreng (Cimol Goreng) dengan varian rasa original, sapi panggang, keju,barbeque (BBQ), dan pedas. Metode analisis yang digunakan untuk menghitungkelayakan usaha diantaranya menggunakan metode analisis BEP (Break Even Point),metode analisis usaha R/C Ratio (Revenue Cost Ratio), dan metode analisis usahausaha ROI (Return On Investement). Dalam 1 kali proses produksi menggunakanBasreng sebanyak 3 kg yang menghasilkan 15 kemasan. Harga yang ditetapkan yaituRp. 17.500,-/kemasan. Hasil perhitungan analisis usaha menunjukan bahwa nilaiBEP (produksi) sebesar 13,53 kemasan dari total dalam 1 kali proses produksisebanyak 15 kemasan, nilai BEP (harga) sebesar Rp. 15.787,76/kemasan denganharga jual Rp. 17.500,-/kemasan, nilai R/C Ratio sebesar 1,10, nilai ROI sebesar6,91% sehingga usaha ini menguntungkan dan layak untuk diusahakan. Kemudianuntuk pemasaran yang dilakukan yaitu pemasaran secara langsung dipasarkan dariprodusen ke konsumen sedangkan pemasaran tidak langsung dipasarkan melaluiperantara yaitu reseller. Promosi yang digunakan yaitu promosi secara langsung(Personal Selling) dan promosi melalui media sosial dan iklan melalui WhatsApp danInstagram.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSundari, SriNIDN0014096402
Uncontrolled Keywords: Analisis Usaha Pengemasan, Basreng, Mantulita
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Nuriyah Aprillia Atmika
Date Deposited: 06 Feb 2024 03:40
Last Modified: 06 Feb 2024 03:41
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/30414

Actions (login required)

View Item View Item