Analisis Usaha Banana Stick Cokelat (BATICK) Di Desa Sabrang Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember

Khoirurrohman, Deni (2024) Analisis Usaha Banana Stick Cokelat (BATICK) Di Desa Sabrang Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (123kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (89kB)
[img] Text (Full Text)
D31210728_Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (13kB)

Abstract

Banana stick cokelat “BATICK” merupakan cemilan dengan bahan baku utamaberupa pisang yang diinovasi dengan rasa cokelat. Camilan stick pisang ini dibuatdengan proses pembuatannya yang mudah serta mempunyai tampilan yang menarikberbentuk kotak kecil memanjang. Tujuan dari Tugas Akhir ini yaitu untukmengetahui proses pembuatan banana stick cokelat, mengetahui analisis bananastick cokelat, dan mengetahui bauran pemasaran banana stick cokelat. PelaksanaanTugas Akhir dilaksanakan di Desa Sabrang Kecamatan Ambulu Kabupaten Jemberpada tanggal 1 Juli sampai dengan bulan 30 Oktober 2023. Proses produksidilakukan sebanyak 5 kali, dalam 1 kali produksi dilakukan selama 4 jam dandikerjakan satu tenaga kerja. Pengumpulan data menggunakan pengumpulan datasacara langsung (Data Primer) dan pengumpulan data secara tidak langsung (DataSekunder). Metode analisis usaha yang digunakan yaitu BEP (Break Event Point),R/C Ratio (Revenue Cost Ratio) dan ROI (Return On Investement). Hasil analisisdiperoleh BEP (produksi) sebesar 14,45 kemasan dengan total produksi 20kemasan, BEP (harga)sebesar Rp. 10.108per kemasan dengan harga jual Rp 14.000per kemasan, R/C Ratio lebih dari 1 yaitu 1,38 dan ROI lebih besar dari 0% yaitusebesar 11,41%. Banana Stick Cokelat cocokuntuk semua kalangan mulai darianak anak, dewasa hingga orang tua. Pemasaran yang digunakan yaitu pemasaransecara langsung dari produsen menjual langsung kepada konsumen dan promosiyang dilakukan yaitu secara langsung dan tidak langsung yaitu melalui media sosialWhatsApp.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMayasari, FinanciaNIDN0008078501
Uncontrolled Keywords: Analisis Usaha, Banana Stick Cokelat
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Deni Khoirurrohman
Date Deposited: 01 Feb 2024 01:05
Last Modified: 01 Feb 2024 01:06
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/30256

Actions (login required)

View Item View Item