Penyusunan Standar Operasional Prosedur Pembongkaran Genset Pembangkit Tipe MTU 1600 Di Unit Genset UPT. Balai Yasa Surabaya Gubeng

Saputra, Bagas Dwi (2023) Penyusunan Standar Operasional Prosedur Pembongkaran Genset Pembangkit Tipe MTU 1600 Di Unit Genset UPT. Balai Yasa Surabaya Gubeng. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (5kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (257kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (223kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Magang kerja industri adalah kegian mahasiswa untuk belajar dengan langsung diperusahaan atau industry yang lain, dan diharapkan dapat menjadi tempat untuk mengembangkan keahlian, keterampilan pada mahasiswa. Kegiatan Magang ini dilaksanakan di UPT. Balai Yasa Surabaya Gubeng bengkel kereta api selama 4 bulan, yang terhitung mulai bulan Agustus sampai bulan November 2023 dengan tujuan dapat mempelajari dan mempraktikkan bagaimana cara melakukan pembongkaran atau overhoul dengan benar sesuai dengan standard operasional prosedur yang ada di Balai Yasa Surabaya Gubeng. Pada Balai Yasa terdapat program perawatan genset pembangkit secara berkala sesuai dengan kode, kode yang di maksud yaitu kode perawatan 24 bulan dan 48 bulan sehingga genset pembangkit tetap stabil performanya. Biasanya kegiatan overhaul dilakukan dengan kode (P48), dengan melakukan pre-test untuk mengetahui data performa sebelum dilakukannya overhoul dan load-test yang dilakukan untuk mengetahui seberapa besar daya yang dihasilkan setelah overhaul. Genset Pembangkit yang akan melakukan overhaul ini yaitu, MTU 1600, 10V engine, model G20F, 500Kva. Dilakukannya overhoul ini agar pembangkit tetap dapat memberikan daya keseluruh rangkaian. Pentingnya melakukan pembongkaran dengan standard operasional pembongkaran agar pada saat pembongkaran tidak terjadi keslahan langkah dan dapat merakit ulang genset. Hal ini akan dapat membantu memudahkan karyawan atau pekerja untuk melakukan pembongkaran tipe genset tersebut.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDSuranto, Dwi DjokoNIDN0023066107
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 431 - Teknik Mesin (dan Ilmu Permesinan Lain)
Divisions: Jurusan Teknik > Prodi D4 Mesin Otomotif > PKL
Depositing User: Bagas Dwi Saputra
Date Deposited: 30 Jan 2024 01:47
Last Modified: 30 Jan 2024 01:49
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/30149

Actions (login required)

View Item View Item