Manajemen Pemasaran Benur Udang Vaname Pada Cv. Raja Benur Kabupaten Situbondo Praktik Kerja Lapang

Suryadi, Bramantio Ramadhan (2021) Manajemen Pemasaran Benur Udang Vaname Pada Cv. Raja Benur Kabupaten Situbondo Praktik Kerja Lapang. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
5. RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (215kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
10. BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (335kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (313kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
D41170651_LAPORAN LENGKAP.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Manajemen Pemasaran Benur Udang Vaname Pada CV. Raja Benur Kabupaten Situbondo. Bramantio Ramadhan Suryadi, NIM D41170651, Tahun 2021, 83 halaman, Manajemen Agribisnis, Politeknik Negeri Jember, Dr. Dhanang Eka Putra, SP. M.Sc (Dosen Pembimbing). CV. Raja Benur merupakan salah satu perusahaan perseorangan yang memproduksi benur udang vaname yang sudah bersertifikat CPIB (Terlampir). Perusahaan ini berlokasi dikawasan Desa Kembangsambi, Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 29 Agustus 2018 di lahan seluas 16.050 m2 dengan batas tapak lokasi Sebelah Utara yaitu Pantai/ Laut Utara/ Selat Madura, Sebelah Selatan yaitu Jalan Raya Situbondo, Sebelah Timur yaitu Tanah Tepi Pantai/ Mangrove, dan Sebelah Barat yaitu Pembenihan Udang TACHING. Tahapan kegiatan produksi benur yang merupakan pemeliharaan meliputi pengadaan dan seleksi induk, karantina, ablasi, maturasi, spawning, hatching, dan rinsing. Alur pemeliharaan induk meliputi induk F1 dikirim dari Florida. Sebelum melakukan proses produksi induk udang vanname terlebih dahulu ditempatkan pada ruang karantina selama 7 hari dengan pemberian pakan rutin 6 kali sehari. Pada hari ke-7 induk udang vanname diablasi bertujuan untuk mempercepat proses pematangan gonad dan langsung dipindahkan ke ruang maturasi. Pada kolam maturasi induk udang secara langsung melakukan proses breeding dan pada malam hari dilakukan seleksi induk yang sudah dibuahi dengan ciri-ciri tubuh bagian perut berwarna putih dan dipindah ke kolam spawning. Pada ruang spawning ini induk udang melepaskan telurnya selanjutnya telur disaring lalu ditempatkan pada bak hatching. Telur akan menetas pada jam 10 pagi dengan melakukan pengadukan telur 1 jam sekali. Selanjutnya naupli 1 dipindah ke bak rinsing hingga ukuran naupli 6 dan dipindah ke ruang modul. Manajemen pemasaran pada CV. Raja Benur mencakup 4 proses yakni proses perencanaan (planning), pengorganisasian (organization), pelaksanaan (actuating) dan proses pengendalian (controlling). Pada proses perencanaan vii terdapat 3 proses perencanaan yaitu perencanaan produk, perencanaan harga, dan perencanaan strategi pemasaran. Pada proses pengorganisasian CV. Raja Benur memiliki struktur organisasi yang baik dan tersruktur. Pada tahapan pelaksanaan, pemasaran benur udang vaname di CV. Raja Benur dilakukan setiap hari yaitu pada hari Senin sampai hari Minggu dilakukan sesuai permintaan pembeli yaitu pagi, siang, sore, malam, maupun tengah malam. Terakhir, proses pengendalian yang dilakukan oleh CV. Raja Benur yaitu pengontrolan pada stock benur dan pengontrolan pada gudang pakan dan algae. Proses manajemen pemasaran pada CV. Raja Benur selama ini berjalan dengan dengan baik, akan tetapi masih saja terdapat permasalahan dalam proses manajemen pemasaran tersebut. Permasalahan yang ditimbulkan yaitu kegiatan pemasaran yang kurang maksimal. Penyebab adanya permasalahan dari kegiatan pemasaran yang kurang maksimal adalah faktor Man (manusia) yang terdiri dari kurangnya tenaga kerja untuk panen, terjadinya pembatalan pesanan dan komunikasi yang kurang efektif. Faktor metode terdiri dari pembayaran melebihi tempo dan promosi hanya via petambak, terakhir faktor lingkungan adalah kebisingan di area perusahaan

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorPutra, Dhanang EkaNIDN0010128306
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pemasaran, Benur Udang Vaname
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 576 - Manajemen Industri
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D4 Manajemen Agroindustri > PKL
Depositing User: Bramantio Ramadhan S
Date Deposited: 05 Mar 2021 02:25
Last Modified: 08 Mar 2021 03:06
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/3002

Actions (login required)

View Item View Item