Analisis Realisasi Efisiensi, Produktivitas, Produksi, Total Waste Pada Proses Pengemasan Menggunakan Mesin Multiline Dan Mesin Folding 14 Di PT. Marimas Putera Kencana Semarang, Jawa Tengah

Ali, Olivia Safa Salsabila (2023) Analisis Realisasi Efisiensi, Produktivitas, Produksi, Total Waste Pada Proses Pengemasan Menggunakan Mesin Multiline Dan Mesin Folding 14 Di PT. Marimas Putera Kencana Semarang, Jawa Tengah. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (RINGKASAN)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (111kB)
[img] Text (BAB 1. PENDAHULUAN)
BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (124kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (102kB)
[img] Text (LAPORAN LENGKAP)
LAPORAN MAGANG LENGKAP OLIVIA SAFA SALSABILA ALI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

PT. Marimas Putera Kencana merupakan industri pangan yang bergerak dibidang pengolahan pangan dengan produk yang sangat terkenal di masyarakat berupa minuman serbuk rasa buah – buahan. Untuk mempertahankan kepercayaan pasar, baik dari segi kualitas maupun kuantitas yaitu dengan cara menjaga produknya tidak terkontaminasi benda asing. Produk yang dihasilkan dikemas dengan sangat terjaga. Salah satu jenis mesin pengemas di perusahaan ini adalah mesin Multiline dan mesin olding. Prinsip kerja mesin pengemas Multiline dan Folding adalah pengemasan yang dilakukan dengan 3 jenis sekaligus. Dimana produk yang dihasilkan oleh mesin Multiline (pengemas primer) akan langsung dikemas oleh mesin Folding (pengemasan sekunder) kemudian dimasukkan pada karton oleh operator mesin (pengemasan tersier). Tidak ada proses produksi yang tidak menghasilkan hasil reject namun, salah satu proses titik kritis tidak tercapainya target yaitu proses pengemasan. Latar belakang pengamatan yaitu adanya produk reject dengan total waste melebihi target sehingga tidak tercapainya target produksi dan rendahnya nilai efisiensi. Berdasarkan pengamatan hasil yang didapatkan efisiensi tertinggi pada shift siang dengan nilai 94%, realisasi produksi dengan nilai 122%, produktivitas 5,78 Karton/SDM/Jam Efektif pada shift pagi, waste mesin Multiline setting etiket 8,6%, waste mesin Folding plastik plast 7,8%. Dapat disimpulkan bahwa SDM, bahan penolong, kondisi mesin menjadi point utama penyebab total waste melebihi target yang ditentukan. Metode penelitian yaitu dengan observasi secara langsung sehingga mendapatkan data efisiensi, produksi, dan total waste yang dihasilkan, kemudian diolah menggunakan Microsoft excel.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHariono, BudiNIDN0019056605
Uncontrolled Keywords: MESIN MULTILINE, MESIN FOLDING
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 163 - Teknologi Pertanian
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 164 - Mekanisasi Pertanian
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D4 Teknologi Rekayasa Pangan > PKL
Depositing User: Olivia Safa Salsabila Ali
Date Deposited: 01 Aug 2024 00:59
Last Modified: 01 Aug 2024 01:00
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/29872

Actions (login required)

View Item View Item