Evaluasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Bagian Pelaporan Menggunakan Metode End User Computing Satiscaftion (EUCS) di RSPAL dr. Ramelan Surabaya

Anggraini, Chintya Dini (2023) Evaluasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Bagian Pelaporan Menggunakan Metode End User Computing Satiscaftion (EUCS) di RSPAL dr. Ramelan Surabaya. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (8kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (39kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (118kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN LENGKAP.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) adalah suatu sistem komputerisasi yang mengelola data dan mengintegrasikan seluruh alur pelayanan medis maupun administrasi di rumah sakit. Seluruh sumber daya manusia di rumah sakit akan turut serta dalam pengelolaan rumah sakit, baik tenaga medis maupun tenaga keteknisian medis, termasuk unit rekam medis. RSPAL dr. Ramelan Surabaya telah menerapkan SIMRS sejak tahun 2014. Fitur yang terdapat di dalam SIMRS terdiri dari administrasi medis, rawat jalan, rawat inap, instalasi gawat darurat, serta tracking rekam medis. SIMRS yang telah diterapkan salah satunya memiliki fitur laporan yang digunakan untuk meningkatkan dan mendukung proses pelayanan kesehatan. Berdasarkan hasil observasi selama kegiatan praktek kerja lapang (PKL) ditemukan masalah pada pelaksanaan pengelolaan laporan pada SIMRS di RSPAL dr. Ramelan Surabaya. Berdasarkan hasil observasi pada SIMRS bagian laporan, terdapat laporan rincian harian pasien rawat inap ketika didownload hasil laporan hanya berisi angka nol saja dan berbeda dengan data pasien rawat inap yang seharusnya pada hari itu. Hasil observasi peneliti juga menemukan adanya beberapa laporan yang ketika di download mengalami error. Laporan yang error ketika diunduh diantaranya yaitu laporan kinerja pelayanan rumah sakit. Berdasarkan observasi tersebut peneliti berinisiatif untuk melakukan evaluasi SIMRS pada bagian pelaporan. Evaluasi SIMRS dilakukan menggunakan metode EUCS (End User Computing Satisfaction). Penelitian ini bertujuan untuk melihat tingkat kepuasan pengguna SIMRS pada bagian pelaporan. Hasil penelitian menunjukkan hasil evaluasi SIMRS masih terdapat laporan yang tidak dapat menyediakan data yang dibutuhkan oleh petugas pelaporan. Laporan yang dihasilkan oleh SIMRS masih terdapat laporan yang harus dilakukan validasi kembali memastikan bahwa data yang ditampilkan akurat atau sesuai. dalam hal ini berdampak pada kerja petugas akan lebih ekstra untuk mengolah laporan sesuai format yang dibutuhkan. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa SIMRS masih belum memenuhi kepuasan pengguna 100%. Upaya perbaikan yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah melakukan perbaikan pasa SIMRS secara spesifik yaitu Sistem perlu diperbaiki pada format isi laporan agar sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, SIMRS perlu ditambahkan kolom hari perawatan pada data laporan yang masih kurang. Dan pada dimensi tampilan , sistem perlu dikembangkan agar tampilan lebih menarik dan mempermudah petugas dengan mengelompokkan laporan berdasarkan jenis laporannya.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSwari, Selvia JuwitaNIDN198405212019032008
Uncontrolled Keywords: evaluasi, pelaporan, simrs, eucs
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > Sistem Informasi Kesehatan
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > PKL
Depositing User: Chintya Dini Anggraini
Date Deposited: 25 Jan 2024 05:01
Last Modified: 25 Jan 2024 05:02
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/29846

Actions (login required)

View Item View Item