Analisis Usaha Pengemasan Terasi Bubuk Matang di Desa Kejawan Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso

Nirwana, Agem Dian (2024) Analisis Usaha Pengemasan Terasi Bubuk Matang di Desa Kejawan Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (213kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (139kB)
[img] Text (Full Text)
D31210506_Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (190kB)

Abstract

Terasi bubuk matang merupakan salah satu bumbu masakan yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat luas khususnya di Indonesia. Bahan baku yang digunakanpada pembuatan terasi yaitu udang rebon yang dapat menghasilkan aroma sangat menyengat dan tekstur yang kurang menarik sehingga banyak masyarakat yang tidaktertarik dengan terasi karena aroma dan juga teksturnya. Dari permasalahan tersebutmenjadikan suatu peluang usaha untuk menciptakan inovasi pengemasan terasi bubuk matang yang praktis sehingga dapat meningkatkan minat masyarakat terhadapterasi dan meningkatkan nilai jual pada produk terasi. Tujuan tugas akhir ini yaitudapat melaksanakan tahapan proses pengemasan terasi bubuk matang, dapatmenganalisis kelayakan usaha serta dapat mengetahui dan melaksanakan pemasaranterasi bubuk matang, yang dilaksanakan selama 4 bulan yaitu bulan Agustus sampai dengan bulan November 2023. Tugas akhir ini menggunakan 2 saluran pemasaranyaitu secara langsung dan tidak langsung. Metode analisis yang digunakan yaitu BEP,R/C Ratio, dan ROI. Hasil perhitungan analisis usaha diperoleh yaitu BEP (Produksi)sebesar 22,148933 kemasan dengan jumlah produksi sebanyak 29 kemasan, BEP(Harga) yaitu sebesar Rp 11.456,34 perkemasan dengan harga jual Rp 15.000perkemasan. R/C Ratio sebesar 1,309 dan ROI sebesar 10,50%. Dari hasil perhitungan analisis usaha yang diperoleh, maka usaha terasi bubuk matang dapat dikatakan layak untuk diusahakan. Pemasaran terasi bubuk matang menggunakan bauran pemasaran 4P. Product, yang dihasilkan yaitu terasi bubuk matang yang telahdikemas dengan berat 100 gram per kemasan. Price,terasi bubuk matang dipasarkan dengan harga Rp 15.000 per kemasan, Place saluran pemasaran yang digunakanyaitu secara langsung dan tidak langsung. Promotion yang digunakan yaitu personalselling

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorCnawp, Rizal ParlembangNIDN0016067307
Uncontrolled Keywords: Terasi, Analisis Usaha, Pengemasan, pemasaran
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Agem Dian Nirwana
Date Deposited: 23 Jan 2024 03:48
Last Modified: 23 Jan 2024 03:49
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/29666

Actions (login required)

View Item View Item