Analisis Usaha Keripik Ubi Jalar Pedas Daun Jeruk Di Desa Wahas Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik

Rahayu, Fidiyah Dwi (2023) Analisis Usaha Keripik Ubi Jalar Pedas Daun Jeruk Di Desa Wahas Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (217kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (146kB)
[img] Text (Full Text)
D31210884_Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (145kB)

Abstract

Keripik ubi jalar pedas daun jeruk merupakan makanan ringan yang berbahan dasarubi jalar yang dipadukan dengan rasa pedas daun jeruk. Olahan makanan ringankeripik yang dipadukan dengan rasa pedas daun jeruk jarang ditemui disekitarmasyarakat sehingga bisa menciptakan peluang pasar dengan adanya inovasi rasabaru pedas daun jeruk. Tujuan tugas akhir ini untuk melakukan proses produksi,melakukan analisis kelayakan usaha dan melakukan pemasaran keripik ubi jalarpedas daun jeruk. Tugas akhir ini dilaksanakan selama empat bulan mulai dari 02Juli sampai dengan 02 November 2023 di Desa Wahas Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik. Data yang digunakan meliputi data primer dan data sekunder.Metode analisis usaha yang digunakan yaitu BEP, R/C Ratio, dan ROI. Proses produksi dilakukan setiap satu minggu sekali dengan total lima kali prosesproduksi, satu kali proses produksi menghasilkan 32 kemasan dengan berat bersih 50 gram per kemasan. Setiap satu kali proses produksi diperoleh laba sebesar Rp80.175. Hasil BEP (produksi) yaitu 18,63 kemasan dengan total produksi sebanyak32 kemasan dan BEP (harga) sebesar Rp 3.494,53 per kemasan dengan harga jualsebesar Rp 6.000 per kemasan, R/C Ratio sebesar 1,71 dan ROI 12,21%, sehingga berdasarkan tiga metode analisis yang digunakan dapat disimpulkan bahwa produk keripik ubi jalar pedas daun jeruk menguntungkan dan layak untuk diusahakan.Saluran pemasaran yang digunakan yaitu pemasaran secara langsung dan secaratidak langsung (menitipkan produk ke toko) dan promosi yang digunakan yaitupersonal selling (langsung kepada konsumen), serta melalui media sosial sepertiWhatsapp dan Instagram.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorChairina, Raden Roro LiaNIDN0004099101
Uncontrolled Keywords: Analisis Usaha, Keripik, Pedas Daun Jeruk, Ubi Jalar
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Fidiyah Dwi Rahayu
Date Deposited: 18 Jan 2024 03:34
Last Modified: 18 Jan 2024 03:35
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/29565

Actions (login required)

View Item View Item