Analisis Usaha “Potaring” Kentang Kering Rasa Rendang di Kabupaten Bondowoso, Fanesa Adelia Zukhrufil Jannah

Jannah, Fanesa Adelia Zukhrufil (2023) Analisis Usaha “Potaring” Kentang Kering Rasa Rendang di Kabupaten Bondowoso, Fanesa Adelia Zukhrufil Jannah. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (205kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (222kB)
[img] Text (Full Text)
D31210744_Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (212kB)

Abstract

Tugas akhir ini berlangsung dari 8 Agustus 2023 hingga 30 November 2023, di Kelurahan Tamansari, Kecamatan Bondowoso, Kabupaten Bondowoso. Fokus utama kegiatan Tugas Akhir ini adalah memahami secara menyeluruh proses pembuatan potaring, mengevaluasi kelayakan usaha, dan menganalisis saluran pemasaran potaring. Tahapan produksi potaring melibatkan persiapan alat dan bahan, pencucian, pemotongan, penggorengan kentang, pembuatan bumbu, penimbangan bumbu dengan kentang kering, pencampuran, hingga tahap pengemasan dan pelabelan produk. Dalam tugas akhir ini, digunakan tiga metode analisis usaha yaitu Break Even Point (BEP), Revenue Cost Ratio (R/C Ratio), dan Return On Investment (ROI). Strategi pemasaran mengadopsi bauran pemasaran 4P, melibatkan Product (Produk), Price (Harga), Place (Tempat dan Distribusi), dan Promotion (Promosi). Proses produksi dan pemasaran dilakukan sebanyak 5 kali, menghasilkan 25 kemasan dalam setiap siklus produksi dengan durasi 4 jam. Saluran pemasaran mencakup saluran pemasaran langsung kepada konsumen, sementara strategi promosi melibatkan interaksi langsung dengan konsumen dan pemanfaatan media sosial seperti whatsapp dan instagram. Analisis usaha menunjukkan bahwa BEP (Produksi) mencapai 18,40636 kemasan, BEP (Harga) Rp 5.153,7808 per kemasan, dengan harga jual Rp 7.000,- per kemasan. R/C Ratio mencapai 1,36, dan ROI mencapai 4,24%, sehingga usaha ini dapat dinyatakan menguntungkan dan layak untuk diusahakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorCnawp, Rizal ParlembangNIDN0016067307
Uncontrolled Keywords: Analisis Usaha, Rendang, Kentang Kering
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Fanesa Adelia Zukhrufil Jannah
Date Deposited: 17 Jan 2024 07:47
Last Modified: 17 Jan 2024 07:48
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/29476

Actions (login required)

View Item View Item