Analisis Usaha Pengemasan Kerupuk Tulang Ikan Bandeng “KING KRES” di Desa Sumbersari Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan.

Y, Nadia Salsabilla Rahmadivani (2023) Analisis Usaha Pengemasan Kerupuk Tulang Ikan Bandeng “KING KRES” di Desa Sumbersari Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (364kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (266kB)
[img] Text (Full text)
D31210321_Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (241kB)

Abstract

Tujuan dari pelaksaanaan Tugas Akhir yaitu untuk mengetahui proses pengemasan,menganalisis tingkat kelayakan usaha serta memasarkan Kerupuk Tulang IkanBandeng “KING KRES”. Pelaksanaan Tugas Akhir dilakukan selama 4 bulanbulan mulai 2 Juli 2023 hingga 2 November 2023 dan bertempat di DesaSumbersari Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan. Metode pengumpulandata yang digunakan adalah metode pengumpulan data primer dan metodepengumpulan data sekunder. Pengemasan Kerupuk Tulang Ikan Bandeng “KINGKRES” merupakan usaha dalam bidang pengemasan produk jadi, terdapat inovasirasa pedas daun jeruk dan inovasi pada kemasan yaitu menggunakan standingpouch handle dengan kapasitas berat 100 gram serta ditunjang dengan labelkemasan yang dapat membuat tampilan menjadi menarik. Dari pelaksanaan yangtelah dilakukan, proses pengemasan dimulai dari persiapan alat, persiapan bahan,pemasangan label kemasan, pemberian bumbu, pengemasan dan penimbangan,perekatan menggunakan sealer. Proses pengemasan dilakukan sebanyak 5 kali,setiap satu kali proses pengemasan menggunakan 1 tenaga kerja dalam waktu 4 jamsehingga menghasilkan sebanyak 100 kemasan dengan berat 100 gram/kemasan.Harga Kerupuk Tulang Ikan Bandeng “KING KRES” yaitu Rp. 10.000/kemasan.Saluran distribusi yang digunakan yaitu saluran langsung dengan menjual ptoduklangsung kepada konsumen dan menjual melalui media sosial dan saluran tidaklangsung dengan cara menitipkan produk kepada 5 toko. Promosi dilakukan denganmenggunggah pamflet penjualan produk di story whatsapp dan story instagram.Dalam satu kali proses pengemasan memperoleh nilai BEP (Produksi) sebanyak78,81 kemasan dari dari jumlah produksi 100 kemasan dan BEP (Harga) sebesarRp. 7.480,81 dengan harga jual Rp. 10.000/kemasan, nilai R/C Ratio 1,34 dan ROI4,6610%. Berdasarkan analisis tersebut, maka usaha pengemasan inimenguntungkan dan layak diusahakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWiyono, Luluk CahyoNIDN0027067907
Uncontrolled Keywords: Analisis Usaha, Pemasaran, Proses Pengemasan
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: NADIA SALSABILLA RAHMADIVANI Y
Date Deposited: 16 Jan 2024 09:00
Last Modified: 16 Jan 2024 09:01
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/29472

Actions (login required)

View Item View Item