Analisis Usaha Abon Ikan Tongkol Pedas di Desa Besuki Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo

Azizah, Farah Nur (2023) Analisis Usaha Abon Ikan Tongkol Pedas di Desa Besuki Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (27kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (31kB)
[img] Text (Full text)
D31210143_Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (27kB)

Abstract

Tugas Akhir ini yang berjudul Analisis Usaha Abon Ikan Tongkol Pedas dilaksanakan di Desa Besuki Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo, dilaksanakan selama 4 bulan, dimulai dari tanggal 16 Agustus 2023 sampai 30 November 2023. Tujuan tugas akhir ini adalah untuk melakukan proses produksi, pemasaran dan perhitungan analisis usaha. Tugas akhir ini menggunakan satu saluran pemasaran yaitu saluran pemasaran langsung kepada konsumen. Proses produksi dilakukan sebanyak 5 kali, untuk 1 kali proses produksi membutuhkan waktu 4 jam dengan satu tenaga kerja. Untuk satu kali proses produksi menghasilkan 18 kemasan dengan berat 50 gram per kemasan. Metode analisis usaha yang digunakan dalam tugas akhir ini yaitu metode analisis Break Event Point (BEP), Revenue Cost Ratio (R/C Ratio), dan Return On Investment (ROI). Hasil dari perhitungan BEP (produksi) sebesar 13,491524 kemasan dengan total produksi 18 kemasan, BEP (harga) sebesar Rp 7.495,2911/kemasan dengan harga jual Rp 10.000/kemasan. R/C Ratio sebesar 1,33 dan ROI sebesar 6,06%. Dengan ini dapat disimpulkan berdasarkan hasil perhitungan tersebut maka usaha Abon Ikan Tongkol Pedas dapat dikembangkan dan layak untuk diusahakan. Bauran pemasaran dari usaha ini menggunakan strategi 4P yaitu product, price, place dan promotion. Produk yang dijual adalah Abon Ikan Tongkol Pedas dengan harga jual Rp 10.000/kemasan, tempat pemasaran berada di daerah Besuki dan Jember serta promosinya menggunakan media sosial berupa WhatsApp dan Instagram.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAnggraeni, Oktanita JayaNIDN0005108101
Uncontrolled Keywords: Analisis Usaha, Abon Ikan Tongkol Pedas
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Farah Nur Azizah
Date Deposited: 16 Jan 2024 03:25
Last Modified: 16 Jan 2024 03:26
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/29428

Actions (login required)

View Item View Item