Analisis Usaha Pembibitan Cabai Rawit (Capcisum Frutescens L.) "NurseryFams" Di Desa Sumber Pakem Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember

Wahyuni, Sri (2024) Analisis Usaha Pembibitan Cabai Rawit (Capcisum Frutescens L.) "NurseryFams" Di Desa Sumber Pakem Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (288kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (534kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
D31211923_Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (272kB)

Abstract

Pembibitan merupakan kegiatan memperbanyak tanaman dengan memilih kualitas benih yang baik untuk dijadikan bibit. Pembibitan memiliki manfaat penting, di antaranya adalah menyediakan bibit unggul sesuai dengan varietas cabai rawit yang diinginkan. Hal ini memudahkan petani dalam memproduksi cabai dengan membeli bibit cabai yang harganya terjangkau, sehingga dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan dalam proses produksi cabai rawit. Tujuan dari pelaksanaan tugas akhir ini adalah dapat melakukan proses pembibitan cabai rawit, dapat menghitung kelayakan usaha pembibitan cabai rawit, serta dapat menerapkan strategi bauran pemarasan pembibitan cabai rawit. Kegiatan tugas akhir ini dilaksanakan selama 6 (enam) bulan dimulai dari tanggal 3 Juli 2023 sampai dengan 22 Desember 2023 yang bertempat di Desa Sumber Pakem Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember. Terdapat dua metode pengumpulan data yang digunakan adalah pengumpulan data primer dan pengumpulan data sekunder. Sedangkan metode analisis usaha yang digunakan pada tugas akhir ini yaitu BEP, R/C Ratio, dan ROI. Proses produksi pembibitan cabai rawit “NurseryFams” ini dilakukan dalam satu kali proses produksi dan menghasilkan 19.800 batang bibit. Hasil analisis usaha pembibitan cabai rawit diperoleh BEP (produksi) 7.884,72 batang dari hasil dalam satu kali produksi sebanyak 19.800 batang, untuk BEP (harga) didapatkan hasil sebesar Rp. 59,73 per batang dengan harga jual Rp. 150 per batang, R/C Ratio (Revenue Cost Ratio) sebesar 2,51 dan ROI (Return On Investment) sebesar 43,38%. Berdasarkan analisis usaha diatas dengan menggunakan tiga metode tersebut maka dapat dinyatakan bahwa usaha pembibitan cabai rawit “NurseryFams” ini menguntungkan dan layak untuk diusahakan. Pemasaran yang dilakukan untuk usaha pembibitan cabai rawit “NurseryFams” menerapkan saluran pemasaran secara langsung, dengan sistem pemesanan terlebih dahulu dan jual beli langsung. Promosi yang dilakukan yaitu dengan promosi secara langsung menggunakan fasilitas dari media sosial Instagram, Facebook dan WhatsApp.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorLestari, DatikNIDN0001089108
Uncontrolled Keywords: Analisis Usaha, Cabai Rawit, Pembibitan
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Sri Wahyuni
Date Deposited: 16 Jan 2024 03:27
Last Modified: 16 Jan 2024 03:28
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/29425

Actions (login required)

View Item View Item