Analisis Usaha Cenil Telo Ungu Fla Durian Di Desa Lengkong Mumbulsari Jember

Suwarsono, M David (2023) Analisis Usaha Cenil Telo Ungu Fla Durian Di Desa Lengkong Mumbulsari Jember. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (216kB)
[img] Text (Bab 1 pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (200kB)
[img] Text (Full Text)
D31211359_Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (196kB)

Abstract

Cenil Telo Ungu Fla Durian merupakan produk inovasi dari kue cenil ya pada umumnya hanya dikenal sebagai makanan jadul yang hanya ada di pasar tradisional. Penambahan ubi ungu pada kue cenil bertujuan untuk meningkatkan nilai jual dan minat konsumen pada kue cenil. Pada umumnya kue cenil juga hanya disajikan menggunakan daun pisang, sedangkan produk cenil telo ungu fla durian dikemas menggunakan kemasan yang lebih menarik yaitu dus kraf . Tugas akhir ini bertujuan untuk melakukan proses produksi, pemasaran dan perhitungan analisis usaha cenil telo ungu fla durian di Desa Lengkong Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Lengkong. Tugas akhir ini menggunakan satu saluran pemasaran langsung kepada konsumen dan berlangsung selama empat bulan, mulai 1 Agustus hingga 1 Desember 2023. Metode analisis yang digunakan meliputi ROI, BEP, dan R/C Ratio. Hasil analisis usaha menunjukkan BEP (Produksi) sejumlah 21,22458125 kemasan dari jumlah produksi 29 kemasan dan BEP (Harga) sebesar Rp. 5.855,06 per kemasan, dengan harga jual sebesar Rp. 8.000,00 per kemasan. ROI sebesar 3,65% dan rasio R/C sebesar 1,37, sehingga berdasarkan ketiga data metode analisis yang digunakan dapat di interpretasikan bahwa Cenil Telo Ungu Fla Durian adalah usaha yang layak untuk dijalankan. Pemasaran cenil telo ungu fla durian menggunakan bauran pemasaran 4P yang terdiri dari product, price, place and promotion.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMahanani, Retno SariNIDN0007057003
Uncontrolled Keywords: Cenil, Telo Ungu, Analisis Usaha, Pemasaran
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: M David Suwarsono
Date Deposited: 12 Jan 2024 10:00
Last Modified: 12 Jan 2024 10:01
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/29333

Actions (login required)

View Item View Item