Analisis Pengendalian Kualitas Proses Injection Pada Sendok Nata de Coco Menggunakan U-Chart dan Fishbone Diagram di PT. Keong Nusantara Abadi Kediri, Jawa Timur.

Asrori, Moch Izzul (2023) Analisis Pengendalian Kualitas Proses Injection Pada Sendok Nata de Coco Menggunakan U-Chart dan Fishbone Diagram di PT. Keong Nusantara Abadi Kediri, Jawa Timur. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
laporan magang izzul bendel-ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (8kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
laporan magang izzul bendel-bab 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (86kB)
[img] Text (Daftar pustaka)
laporan magang izzul bendel-daftar pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (74kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Magang Izzul-laporan lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

PT. Keong Nusantara Abadi merupakan industri bidang makanan dan minuman. Permasalahan yang melatarbelakangi penulisan laporan ini yakni adanya defect pada proses injection sendok nata de coco. Tujuan penulisan laporan ini untuk mengetahui jenis dan penyebab defect pada proses injection sendok nata de coco serta identifikasi upaya untuk meminimalisir terjadinya defect. Metodologi pengamatan kegiatan yang dilakukan di industri dan disertai kegiatan observasi yaitu praktek langsung serta wawancara yaitu tanya jawab pada staf dan karyawan, demonstrasi turut dilakukan yaitu mengamati kegiatan dan studi literatur yaitu pengumpulan data dari literatur. Pengolahan data menggunakan 3 metode, yaitu pareto diagram, control chart, dan fishbone diagram. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa terdapat 2 defect yang terdapat dalam proses injection sendok nata de coco. Terdapat beberapa penyebab yang terjadi dari pada proses injection, yaitu karena adanya faktor material, faktor man, faktor method, dan faktor machine. Dari faktor-faktor tersebut dapat dianalisis sebagai rekomendasi perbaikan yaitu menambah SOP mengenai komposisi material yang digunakan, memperketat pemeriksaan bahan baku pada faktor material, menambah SOP pada penggunaan mesin, mengadakan evaluasi terkait hasil kinerja operator pada faktor man, mengadakan pelatihan mengenai tata cara penggunaan mesin pada faktor method, dan membuat membuat kebijakan mengenai pengadaan maintenance mesin pada faktor machine. Rekomendasi tersebut diberikan untuk meminimalisir terjadinya defect produk sendok nata de coco.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWahyono, AgungNIDN0029127301
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 163 - Teknologi Pertanian
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D4 Teknologi Rekayasa Pangan > PKL
Depositing User: Moch Izzul Asrori
Date Deposited: 12 Jan 2024 09:53
Last Modified: 12 Jan 2024 09:53
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/29289

Actions (login required)

View Item View Item