PENGENDALIAN STANDAR KUALITAS DALAM PROSES PRODUKSI DAN INSPEKSI RUMAH POTONG AYAM (RPA) OLEH DEPARTEMEN QUALITY ASSURANCE/QUALITY CONTROL (QA/QC) DI PT CIOMAS ADISATWA UNIT SIDOARJO

Lukman, Mohamad Rifqi Arif Alya (2023) PENGENDALIAN STANDAR KUALITAS DALAM PROSES PRODUKSI DAN INSPEKSI RUMAH POTONG AYAM (RPA) OLEH DEPARTEMEN QUALITY ASSURANCE/QUALITY CONTROL (QA/QC) DI PT CIOMAS ADISATWA UNIT SIDOARJO. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (8kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (82kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (5kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pengendalian Standar Kualitas Dalam Proses Produksi Dan Inspeksi Rumah Potong Ayam (RPA) Oleh Departemen QA/QC Di PT. Ciomas Adisatwa, Mohamad Rifqi Arif Alya Lukman, NIM B41202459, Tahun 2023, 62 halaman, Teknologi Pertanian, Politeknik Negeri Jember, Pembimbing Dr. Elly Kurniawati, S.TP, M.P. Sumber ayam yang dipotong di PT Ciomas Adisatwa berasal dari peternakan (farm) internal perusahaan yaitu ciomas commercial farm dan dari peternakan (farm) eksternal lain. Penanganan ayam di area kotor terdiri dari penerimaan ayam hidup, pengistirahatan, bongkar muatan, penimbangan dan penghitungan ayam hidup, penggantungan/ hanging, pemingsanan/ stunning, penyembelihan/ killing, penirisan/ bleading, perendaman air panas/ scalding, pencabutan bulu/ plucking, pemotongan ceker, penggantungan kembali/ re-hanging, pemotongan kepala leher, pengeluaran jeroan, seleksi ayam memar, dan washing spray. Penanganan ayam di area bersih terdiri dari pencucian karkas (drum chiller), penggantungan kembali / re-hanging, seleksi/ grading, proses lanjutan metal detector,pembekuan cepat dan penyimpanan dingin. Hasil produk yang dihasilkan oleh PT. Ciomas Adisatwa berupa ayam utuh, cut up & marinasi, boneless, dan daging giling (MDM). Penyimpanan produk terdapat di cold storage & chill room. Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang tersedia di PT. Ciomas Adisatwa diolah sedemikian rupa dan sudah memenuhi persyaratan Peraturan Menteri Kesehatan No. 32 tahun 2017, untuk kemudian air tersebut dibuang ke saluran pembuangan. Penjaminan kualitas dibawah kendali departemen QA/QC, departemen ini bertugas menjamin kualitas produk yang dihasilkan dan memastikan proses pembuatan produk yang dihasilkan sehingga menjamin proses produksi benar-benar sesuai standar yang ditentukan. Kegiatan quality control (QC) dimulai dari pemeriksaan kedatangan bahan baku ayam, bahan pengemas, pemeriksaan in line, pemeriksaan hasil produk, pemeriksaan penyimpanan produk, pemeriksaan kemasan primer, pemeriksaan kemasan sekunder, sampai dengan pemeriksaan pengiriman/ proses distribusi.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorKurniawati, EllyNIDN0028097302
Uncontrolled Keywords: Pengendalian kualitas, Quality Control, Quality Assurance, PT. Ciomas Adisatwa
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 163 - Teknologi Pertanian
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 165 - Teknologi Pangan dan Gizi
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D4 Teknologi Rekayasa Pangan > PKL
Depositing User: Mohamad Rifqi Arif Alya Lukman
Date Deposited: 12 Jan 2024 09:46
Last Modified: 12 Jan 2024 09:46
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/29235

Actions (login required)

View Item View Item