Manajemen Asuhan Gizi Klinik pada Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 dengan Neoplasma Ganas Ampula Vater di Ruangan Pusat Pengembangan Layanan Kanker (PPLK) RSUD Dr. Soetomo Surabaya

Suharsono, Dewi Ratna Anjani (2023) Manajemen Asuhan Gizi Klinik pada Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 dengan Neoplasma Ganas Ampula Vater di Ruangan Pusat Pengembangan Layanan Kanker (PPLK) RSUD Dr. Soetomo Surabaya. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (115kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (123kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (341kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
G42201442_LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Diabetes Melitus Tipe 2 adalah penyakit gangguan metabolik yang ditandai oleh kenaikan gula darah akibat penurunan sekresi insulin oleh sel beta pankreas dan atau gangguan fungsi insulin (resistensi insulin) (Fatimah, 2015). Sejumlah besar bukti epidemiologi menunjukkan bahwa diabetes dianggap sebagai faktor risiko independen terhadap peningkatan angka kejadian dan kematian kanker jenis heterogen (Wang et al., 2020). Karsinoma Ampula Vater adalah tumor ganas langka yang berasal dari ampula vater yang dapat muncul dengan gejala kelelahan umum, kehilangan nafsu makan, penurunan berat badan, mual, muntah, sakit perut dan yang paling umum ialah penyakit kuning obstruktif tanpa rasa sakit (Pea et al., 2018). Dukungan gizi yang baik akan menurunkan tingkat mortalitas dan mempercepat proses penyembuhan. Pasien Ny. N mempunyai riwayat DM Tipe 2 sejak 10 tahun yang lalu dan pernah memeriksakan dirinya di Rumah Sakit Siloam dengan diagnosa kanker pada empedu. Pada awal Agustus 2023 sejak 2 minggu SMRS, pasien datang dengan keluhan suara serak yang dirasakan pada pagi hari dan dapat membaik ketika siang hari namun tidak menghilang. Pasien juga mengeluhkan batuk kering yang terkadang hilang dan bisa timbul kembali. Pasien juga mengeluhkan badan menjadi kuning, BAB menjadi berwarna seperti teh. Di RSUD Dr. Soetomo pasien didiagnosis Mallignant Neoplasm of Ampulla of Vater. Penatalaksanaan diet DM B1 2100 kkal merupakan diet yang diberikan kepada diabetisi yang membutuhkan asupan tinggi protein seperti pada penderita tumor ganas, salah satunya ialah kanker (Askandar Tjokroprawiro, 2012).

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorFitriyah, DinaNIDN0001068707
Uncontrolled Keywords: Diabetes Melitus Tipe 2, Neoplasma Ganas Ampula Vater, Diet DM B1 2100 dan Asuhan Gizi Klinik
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 354 - Ilmu Gizi
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Gizi Klinik > PKL
Depositing User: Dewi Ratna Anjani Suharsono
Date Deposited: 17 Jan 2024 03:36
Last Modified: 17 Jan 2024 03:37
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/29174

Actions (login required)

View Item View Item