VARIASI UKURAN PERFORATED PLATE FILTER BERBAHAN TEMBAGA PADA DIESEL PARTICULATE TRAP (DPT)TERHADAP KEPEKATAN ASAP GAS BUANG MESIN DIESEL 2,5 L BERBAHAN BAKAR PERTAMINA DEX

Afandi, Frananda Rickoputra (2023) VARIASI UKURAN PERFORATED PLATE FILTER BERBAHAN TEMBAGA PADA DIESEL PARTICULATE TRAP (DPT)TERHADAP KEPEKATAN ASAP GAS BUANG MESIN DIESEL 2,5 L BERBAHAN BAKAR PERTAMINA DEX. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstract)
Abstract.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (45kB)
[img] Text (Bab 1. Pendahuluan)
BAB 1. Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (113kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (131kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
H42190990_Fananda Rickoputra Afandi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Emisi gas buang adalah gas yang dihasilkan saat proses pembakaraan bahan bakar pada kendaraan. Pembakaran yang tidak sempurna akan menimbulkan emisi gas buang berupa jelaga. Jelaga adalah partikel yang berbahaya bagi kesehatan karena komponennya terdiri dari 80,5% karbon. Salah satu teknologi yang dapat mengubah jelaga menjadi partikel lain adalah Diesel Particulate Trap. Teknologi ini akan bekerja sempurna jika didukung dengan bahan bakar yang berkualitas misalnya penggunaan bahan bakar pertamina dex yang memang baik untuk mesin diesel. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penggunaan Diesel Particulate Trap (DPT) serta ukuran perforated plate filter yang harusnya dipakai dalam meminimalisir kepekatan gas buang. Melalui penelitian ini diharapkan penggunaan Diesel Particuate Trap (DPT) efektif mengurangi emisi gas buang yang dihasilkan oleh pembakaran sehingga mampu mengurangi polusi udara. Hasil dari penelitian ini adalah dengan menggunakan perforated plate filter variasi ukuran 15 mm, 25 mm, dan 35 mm. Pada variasi ukuran 15 mm merduksi sebesar 2,78 % dari knalpot standart yang memiliki nilai nilai opasitas 7,2 % dan mempunyai nilai opasitas sebesar 7,0 %. Sedangkan pada variasi 25 mm mereduksi sebesar 4,17 % dan variasi 35 mm mereduksi sebesar 5,57 %. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan Diesel Particulate Trap (DPT) dan bahan bakar pertamina dex dapat menurunkan opasitas gas buang kendaaraan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorTyagita, Dicky AdiNIDN0022068905
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 431 - Teknik Mesin (dan Ilmu Permesinan Lain)
Divisions: Jurusan Teknik > Prodi D4 Mesin Otomotif > Tugas Akhir
Depositing User: Afandi Frananda Rickoputra
Date Deposited: 29 Dec 2023 02:30
Last Modified: 29 Dec 2023 02:31
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/29105

Actions (login required)

View Item View Item