Penerapan Augmented Reality (Ar) Pada Pembelajaran Organ Tubuh Manusia (Sistem Pencernaan

Safitri, Yeniarista Herdina (2020) Penerapan Augmented Reality (Ar) Pada Pembelajaran Organ Tubuh Manusia (Sistem Pencernaan. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
07. RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (148kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
13. BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (169kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (262kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
E31170805_LAPORAN LENGKAP_TA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pada pembelajaran organ tubuh manusia terdapat materi sistem pencernaan. Kegiatan belajar organ tubuh manusia di sekolah dasar pada saat ini kebanyakan masih menggunakan buku pelajaran yang dimana masih dalam tampilan bentuk gambar (tidak 3D). Media pembelajaran yang ada selama ini hanya berbasis pemahaman melalui buku, atau menggunakan alat peraga. Jika melalui buku maka peserta didik kebanyakan hanya akan mengerti teorinya saja, sedangkan jika menggunakan alat bantu peraga ataupun menggunakan gambar hanya dapat menampilkan objek pembahasan materi kepada peserta didik. Selain karena alasan biaya dari alat peraga yang tidak murah, alat peraga juga memiliki keterbatasan dalam jumlah dan fungsinya. Dalam perkembangan teknologi informasi saat ini banyak melibatkan bidang multimedia karena efektif untuk menyampaikan informasi salah satunya ialah teknologi Augmented Reality. Augmented Reality (AR) merupakan teknologi yang telah membuatw perbedaan besar pada sejarah pemikiran manusia dan saat ini sedang menjadi trend untuk membantu meningkatkan kualitas kinerja dan produk . Augmented Reality bertujuan  untuk mengembangkan teknologi yang memperbolehkan penggabungan secara real-time terhadap digital content yang dibuat oleh komputer dengan dunia nyata. Dengan kemajuan teknologi yang terus berkembang menjadi para pengembang teknologi untuk membuat aplikasi baru yang bertujuan untuk lebih memudahkan masyarakat dalam mendapatkan informasi yang berbasis mobile.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorRizaldi, TaufiqNIDN0029058906
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 463 - Teknik Perangkat Lunak
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D3 Manajemen Informatika > Tugas Akhir
Depositing User: Riza Nuraini Octavia
Date Deposited: 21 Nov 2023 02:54
Last Modified: 21 Nov 2023 02:54
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/28780

Actions (login required)

View Item View Item