Produksi Dan Pemasaran Kue Widaran Substitusi Ikan Tenggiri-Seledri

Vrieantini, Emi (2020) Produksi Dan Pemasaran Kue Widaran Substitusi Ikan Tenggiri-Seledri. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
07. RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (16kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
13. BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (19kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (85kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
33. B32170721_LAPORAN AKHIR LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB)

Abstract

Kue widaran merupakan kue yang terbuat dari tepung tapioka dan telur. Kue widaran berbentuk panjang melonjong dan menggembung dengan bertekstur halus, berwarna kuning keemasan, memiliki rasa gurih dan renyah. Varian rasa kue widaran di pasaran biasanya yaitu rasa keju dan rasa balado (pedas) sehingga dapat diketahui bahwa varian rasa yang ada masih terbatas. Keterbatasan varian rasa pada kue widaran membuat konsumen tertarik apabila terdapat varian rasa baru pada produk tersebut. Pada Proyek Usaha Mandiri (PUM) ini, muncul sebuah ide inovatif untuk menciptakan varian rasa baru pada kue widaran. Inovasi kue widaran dengan penambahan daging ikan tenggiri dan daun seledri masih baru dan belum ada dipasaran. Proyek Usaha Mandiri (PUM) ini bertujuan untuk mengetahui cara produksi yang optimal dan menganalisa kelayakan usaha kue widaran substitusi ikan tenggiri–seledri serta untuk mengetahui proses pemasaran yang baik dalam memasarkan kue widaran ikan tenggiri–seledri. Produksi dilaksanakan pada bulan April-Mei 2020 bertempat di rumah penulis. Metode pelaksanaan program ini dilakukan dengan diawali dengan tahap survei pasar, kemudian dilajutkan dengan tahap pra produksi, produksi, dan analisis usaha. Parameter yang diamati meliputi pengawasan mutu bahan baku, pengawasan mutu produk akhir (organoleptik mutu hedonik dan hedonik), rendemen dan kerusakan produk. Proses produksi kue widaran substitusi ikan tenggiri-seledri dilaksanakan selama 10 kali produksi dan menghasilkan total 129 kemasan. Setiap produksi menghasilkan 12-13 kemasan kue widaran substitusi ikan tenggiri-seledri dengan berat 135 gram yang dijual dengan harga Rp 8.000/kemasan. Produk akhir kue widaran substitusi ikan tenggiri-seledri memiliki rerata rendemen sebesar 94,97% dengan rerata kerusakan produk sebesar 1,94%. Metode pemasaran yang dilakukan yaitu pemasaran secara langsung dengan cara konvensional dan menggunakan media online. Pemasaran secara konvensional menyumbang 70% produk terjual dibandingkan dengan pemasaran secara online (30%). Penjualan produk kue widaran substitusi ikan tenggiri-seledri mendapatkan keuntungan sebesar Rp 127.192,06 dengan laju keuntungan 14,57%. B/C rasio sebesar 1,15 dimana apabila nilai B/C rasio >1 maka usaha ini layak untuk dijalankan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorKurniawati, EllyNIDN0028097302
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 161 - Teknologi Industri Pertanian (dan Agroteknologi)
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Teknologi Industri Pangan > Tugas Akhir
Depositing User: Riza Nuraini Octavia
Date Deposited: 15 Nov 2023 02:46
Last Modified: 15 Nov 2023 02:47
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/28733

Actions (login required)

View Item View Item