PENGARUH PERBANDINGAN MEDIUM VEGETABLE BROTH DAN NON VEGETABLE BROTH TERHADAP DRAIN WEIGHT IKAN TUNA DI PT. BALI MAYA PERMAI, JEMBRANA BALI

Anggraini, Remita (2023) PENGARUH PERBANDINGAN MEDIUM VEGETABLE BROTH DAN NON VEGETABLE BROTH TERHADAP DRAIN WEIGHT IKAN TUNA DI PT. BALI MAYA PERMAI, JEMBRANA BALI. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN Laporan Magang Remita Anggraini PT Bali Maya Permai.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (11kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Laporan Magang Remita Anggraini PT Bali Maya Permai.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (81kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA Laporan Magang Remita Anggraini PT Bali Maya Permai.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (73kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
organized (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (973kB) | Request a copy

Abstract

RINGKASAN Pengaruh Perbandingan Medium Vegetable Broth dan Non Vegetable Broth Terhadap Drain Weight Ikan Tuna Di PT. Bali Maya Permai, Jembrana, Bali. Remita Anggraini Permatasari, NIM B41201604, Tahun 2023, 70 halaman, Jurusan Teknologi Pertanian, Politeknik Negeri Jember, Dr. Silvia Oktavia Nur Yudiastuti, S.TP, M.TP (Dosen Pembimbing). PT. Bali Maya Permai bergerak dalam bidang industri pengalengan ikan. produk yang dihasilkan berupa Ikan kaleng sarden, Tuna dalam kemasan kaleng dan Mackerel dengan merk King Fisher. Pengalengan ikan yaitu salah satu cara menyimpan dan pengawetan bahan pangan yang dikemas secara hermetic dalam satu wadah yang disebut can (kaleng) dan kemudian disterilkan, sehingga diperoleh produk pangan yang tahan lama dan tidak mengalami kerusakan baik fisik, kimia maupun biologis. Pada proses pengalengan ikan terdapat proses filling weight yang bertujuan untuk mendapatkan daging yang sesuai dengan bentuk dan ukuran kaleng serta bebas dari kontaminasi. Proses Filling dilakukan secara manual untuk kaleng besar, sedangkan untuk kaleng kecil menggunakan packshaper. Terdapat berbagai jenis produk misalnya Albacore seperti TANC (tuna albacore natural chunk), TANS (tuna albacore natural solid). Tujuan penulisan laporan ini untuk mengetahui pengaruh penambahan medium terhadap drain weight. Metode yang digunakan pada industri yaitu dengan mengamati kegiatan filling, wawancara kepada staf serta karyawan, dan pengumpulan data serta literatur. Pada saat pengujian Drain Weight sampel yang digunakan yaitu 4 sampel. Cara pengujian drain weight dengan meniriskan produk selama 2 menit. Pada medium Non Vegetable Broth tidak berpengaruh pada drain weight hanya berpengaruh pada asal bahan baku serta flakes. Sedangkan Vegetable Broth berpengaruh terhadap drain weight karena terdapat bahan tambahan yaitu ekstrak kacang kuning.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorYudiastuti, Silvia Oktavia NurNIDN0030108403
Uncontrolled Keywords: Drain Weight, Ikan Tuna
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 163 - Teknologi Pertanian
200 - Rumpun Ilmu Hewani > 230 - Ilmu Perikanan > 234 - Pengolahan Hasil Perikanan
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D4 Teknologi Rekayasa Pangan > PKL
Depositing User: Remita Anggraini Permatasari
Date Deposited: 17 Jan 2024 07:39
Last Modified: 17 Jan 2024 07:40
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/28716

Actions (login required)

View Item View Item