Pradana, Chandra Rizki (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Pengenalan Budaya Menggunakan Augmented Reality. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.
Text (Ringkasan)
07. RINGKASAN.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (83kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
13. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (104kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (162kB) |
|
Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN LENGKAP.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Pendidikan merupakan bagian terpenting dalam kehidupan manusia dan merupakan aspek utama terciptanya sumber daya manusia yang berkualitas. Salah satu pendidikan yang penting adalah mengenalkan budaya-budaya yang telah turun temurun adanya. Setiap daerah di Indonesia memiliki budaya yang berbeda dan terdapat keunikan tersendiri. Pembelajaran budaya Indonesia pada tingkat Sekolah Dasar mempunyai nilai strategis dalam kaitannya dengan pembangunan bangsa masa kini dan masa mendatang. Dewasa ini, budaya-budaya lokal kita makin tergeser dengan adanya budaya asing yang masuk di era globalisasi. Pembelajaran tentang budaya, harus ditanamkan sejak dini. Namun hingga saat ini kesadaran untuk menganggap pentingnya mempelajari budaya lokal sangat kurang. Padahal melalui pembelajaran budaya, kita dapat mengetahui pentingnya budaya lokal dalam membangun budaya bangsa serta bagaimana cara mengadaptasi budaya lokal di tengah perkembangan zaman. Upaya pelestari dalam bidang pendidikan, Augmented Reality(AR) juga memiliki dalam media pembelajaran saat ini. Interaksi belajar mengajar di kelas tidak terlepas dari pengaruh media yang digunakan guru dalam menyampaikan materi ajar. Semakin menarik media yang digunakan dan didukung penyampaian materi oleh guru yang komunikatif, maka siswa akan lebih tertarik dalam mengikuti pelajaran di kelas. Untuk itu diciptakan “Pengembangan Media Pembelajaran Pengenalan Budaya Menggunakan Augmented Reality” ini dapat meningkatkan minat belajar dari salah satu budaya Indonesia yaitu senjata tradisional.
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 461 - Sistem Informasi | ||||||
Divisions: | Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D3 Manajemen Informatika > Tugas Akhir | ||||||
Depositing User: | Riza Nuraini Octavia | ||||||
Date Deposited: | 15 Nov 2023 02:02 | ||||||
Last Modified: | 15 Nov 2023 02:02 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/28712 |
Actions (login required)
View Item |