Analisis Usaha Minuman Kopi Susu Kelapa di Kelurahan Gebang Kecamatan Patrang Kabupaten Jember

Mukarram, Rizal (2023) Analisis Usaha Minuman Kopi Susu Kelapa di Kelurahan Gebang Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (3MB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (3MB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan TA Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Kopi Susu Kelapa merupakan olahan minuman berbahan dasar kopi arabika yang dipadukan dengan susu UHT varian rasa kelapa dan ditambah dengan natrium benzoat yang berfungsi menambah masa simpan produk. Tujuan dari Tugas Akhir ini yaitu dapat melakukan proses produksi, melakukan analisis usaha dan menerapkan bauran pemasaran. Kegiatan Tugas Akhir dilaksanakan di Kelurahan Gebang Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Berdasarkan kegiatan yang telah dilaksanakan adapun tahapan proses pembuatan kopi susu kelapa yaitu persiapan alat dan bahan, pembuatan kopi, pencampuran susu kelapa, pengemasan dan pelabelan. Hasil analisis usaha yang digunakan yakni BEP (Produksi) sebanyak 17,443 botol dengan volume penjualan 20 botol, BEP (Harga) Rp.15.698,7 per botol dengan harga jual sebesar Rp.18.000 per botol, R/C Ratio sebesar 1,14 artinya setiap Rp. 1 biaya yang dikeluarkan akan mendapatkan penerimaan sebesar Rp. 1,14 dan laba Rp. 0,14, dan hasil perhitungan ROI sebesar 1,62% dalam satu kali produksi yang artinya bahwa usaha ini dapat mengembalikan investasi sebesar 1,62% dalam satu kali produksi, agar investasi tersebut kembali 100% maka dibutuhkan 60 kali proses produksi.Pemasaran produk minuman ini menerapkan bauran pemasaran 4P yaitu Produk (Product) yang ditawarkan yaitu Kopi Susu Kelapa. Harga (Price) dari produk Kopi Susu Kelapa adalah Rp.18.000 per botol dengan berat bersih 350 ml. Promosi (Promotion) yang digunakan adalah dengan cara personal selling dan promosi dengan memanfaatkan media sosial. Tempat (Place) produksi dan pemasaran kopi susu kelapa bertempat di Kecamatan Patrang Kabupaten Jember, saluran pemasaran yang digunakan yaitu saluran pemasaran langsung (produsen ke konsumen). Kata Kunci : Analisis Usaha, Minuman, Kopi

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWidyatami, Linda EkadewiNIDN0008038404
Uncontrolled Keywords: Analisis Usaha, Minuman, Kopi
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 185 - Agribisnis
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Rizal Mukarram
Date Deposited: 21 Sep 2023 00:51
Last Modified: 21 Sep 2023 00:52
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/28483

Actions (login required)

View Item View Item