Evaluasi SIMRS Pada Bagian Pendaftaran Unit Gawat Darurat Di RSUD Dr. Saiful Anwar Ditinjau Dari Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction

Anindhitya, Lutfi (2023) Evaluasi SIMRS Pada Bagian Pendaftaran Unit Gawat Darurat Di RSUD Dr. Saiful Anwar Ditinjau Dari Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (RINGKASAN)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (41kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (58kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (171kB)
[img] Text (LAPORAN LENGKAP)
Laporan PKL_Lutfi Anindhitya_G41190543_MIK19.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Saiful Anwar merupakan Rumah Sakit pendidikan tipe A milik pemerintah Daerah Provinsi Jawa Timur. Dalam proses pelayanan dilakukan melaui Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS), termasuk dalam proses pendaftaran pasien. Pembinaan dan pengawasan pada Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) dapat dilakukan dengan beberapa hal salah satunya adalah pemantauan dan evaluasi. Evaluasi dilakukan untuk menemukan permasalahan dan solusi agar dapat mempertahankan dan meningkatkan mutu pelayanan. Evaluasi sistem pada penelitian ini dilakukan untuk melihat kepuasan petugas pada bagian pendaftaran pasien UGD di RSUD Dr. Saiful Anwar menggunakan metode EUCS (End-User Computing Satisfaction) dengan menilai lima variable yaitu isi (content), keakuratan (accuracy), tampilan (format), ketepatan waktu (timeliness), dan kepuasan pengguna (ease of use). Berdasarkan hasil dan pembahasan evaluasi sistem informasi manajemen rumah sakit pada RSUD Dr. Saiful Anwar menggunakan metode EUCS diketahui bahwa pada variabel isi (content) memperoleh hasil sebesar 93% yang berarti sangat baik. Hasil persentase yang didapatkan melalui evaluasi pada variabel keakuratan (accuracy) sebesar 84% yang berarti sangat baik. Hasil persentase yang didapatkan melalui evaluasi pada variabel Format (format) sebesar 78% yang berarti baik. Hasil persentase yang didapatkan melalui evaluasi pada variabel timeliness sebesar 69% yang berarti kategori baik . Hasil persentase yang didapatkan melalui evaluasi pada variabel (ease of use) sebesar 77%, dengan yang berarti termasuk kedalam kategori baik.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorPratama, Mudafiq RiyanNIDN0709058903
Uncontrolled Keywords: SIMRS
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > Sistem Informasi Kesehatan
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > PKL
Depositing User: Lutfi Anindhitya
Date Deposited: 11 Sep 2023 00:50
Last Modified: 11 Sep 2023 00:50
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/28418

Actions (login required)

View Item View Item