Hubungan Tingkat Pendidikan, Pengetahuan Ibu dan Dukungan Suami dengan Praktik Pemberian MP-ASI di Posyandu Kaliamas Probolinggo

Hamidah, Wardah Kurnia Syukri (2023) Hubungan Tingkat Pendidikan, Pengetahuan Ibu dan Dukungan Suami dengan Praktik Pemberian MP-ASI di Posyandu Kaliamas Probolinggo. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (ABSTRACT)
ABSTRACT.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (92kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (168kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (185kB)
[img] Text (LAPORAN LENGKAP)
Laporan Skripsi_Wardah Kurnia S H.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Seribu hari pertama kehidupan atau sering disebut sebagai periode emas atau “golden age” merupakan masa awal kehidupan sejak bayi masih berada di dalam kandungan sampai usia anak 2 tahun. Ketepatan dalam praktik pemberian MP-ASI salah satu faktornya adalah perilaku ibu yang dipengaruhi oleh tingkat pendidikan, tingkat pengetahuan dan pemberian dukungan oleh suami. Berdasarkan hasil studi pendahuluan diketahui status gizi bayi menurut BB/U dengan kategori berat badan kurang diketahui sebanyak 47 balita (67,1%). Lalu, pengetahuan ibu menunjukkan pengetahuan kurang sebanyak 45 ibu (64,3%). Selain itu, dari hasil wawancara menunjukkan bahwa mayoritas suami hanya memberikan dukungan instrumental berupa biaya untuk membeli bahan MP-ASI. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan tingkat pendidikan, pengetahuan ibu dan dukungan suami dengan praktik pemberian MP-ASI. Desain penelitian yang digunakan adalah observasional analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi pada penelitian ini sebanyak 72 ibu. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Intumen yang digunakan berupa kuesioner. Analisis data menggunakan uji korelasi Spearman Rank dan α = 0,05. Hasil analisis tingkat pendidikan nilai p = 0,000, analisis tingkat pengetahuan nilai p = 0,000 dan analisis dukungan suami nilai p = 0,000 yang berarti terdapat hubungan tingkat pendidikan, pengetahuan ibu dan dukungan suami dengan praktik pemberian MP-ASI di Posyandu Kaliamas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorKartika, Ria ChandraNIDN0703089101
Uncontrolled Keywords: dukungan suami, pendidikan, pengetahuan, MP-ASI
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 354 - Ilmu Gizi
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Gizi Klinik > Tugas Akhir
Depositing User: Wardah Kurnia Syukri Hamidah
Date Deposited: 30 Aug 2023 02:19
Last Modified: 30 Aug 2023 02:20
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/28367

Actions (login required)

View Item View Item