Uji Karakteristik Kimia Produk Akhir TAHESTA Cuka Apel (Apple Cider Vinegar) di PT. Tirta Sarana Sukses (TAHESTA) Pandaan, Pasuruan.

Kholifah, Noer Tias (2022) Uji Karakteristik Kimia Produk Akhir TAHESTA Cuka Apel (Apple Cider Vinegar) di PT. Tirta Sarana Sukses (TAHESTA) Pandaan, Pasuruan. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (8kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (129kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (120kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN MAGANG N. TIAS KHOLIFAH_B41191494.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

PT. Tirta Sarana Sukses (Tahesta) merupakan sebuah perusahaan yang secara khusus bergerak dalam bidang industri pengolahan minuman kesehatan. Produk-produk yang dihasilkan antara lain: Cuka Apel, Cuka Anggur, Tahesta Lite Apel, Tahesta Lite Anggur, Glistamax, Cuka Venacare, Venacare Kapsul, Venacare Madu, Cuka Apel Kapsul. Tujuan pelaksanaan kegiatan magang di PT. Tirta Sarana Sukses adalah untuk mengetahui kondisi perusahaan, fasilitas produksi, penerimaan bahan baku, proses produksi, pengawasan mutu, dan higiene sanitasi. Selain itu juga utamanya untuk mengetahui dan memahami penanganan yang diterapkan pada tahapan proses bagian produk akhir di PT. Tirta Sarana Sukses. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Cuka Apel TAHESTA sendiri merupakan produk regular atau produk yang paling banyak mendapatkan permintaan dari konsumen dan produk ini dihasilkan oleh PT. Tirta Sarana Sukses. Terdapat 4 sampel yang diuji dengan parameter uji karakteristik kimia pada nilai pH, Brix, Potensial alkohol dan Total asam. Sedangkan untuk organoleptik sendiri meliputi: pengamatan warna, rasa dan aroma. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata nilai pH (3,01), nilai kadar brix (5,53%), nilai potensial alkohol (3,08%) dan nilai total asam (5,36) pada sampel produk akhir cuka apel TAHESTA ini masih berada didalam batas aman konsumsi dan didapatkan data nilai uji sesuai standar perusahaan yang berfungsi sebagai kontrol perbandingan untuk uji karakteristik produk akhir selanjutnya. Kata kunci :tahesta, karakteristik kimia, cuka apel, tirta sarana sukses.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWahyono, AgungNIDN0029127301
Uncontrolled Keywords: tahesta, karakteristik kimia, cuka apel, tirta sarana sukses.
Subjects: 100 - Rumpun Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) > 110 - Ilmu IPA > 112 - Kimia
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D4 Teknologi Rekayasa Pangan > PKL
Depositing User: NOER TIAS KHOLIFAH
Date Deposited: 10 Aug 2023 08:11
Last Modified: 10 Aug 2023 08:12
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/27860

Actions (login required)

View Item View Item