Perawatan Sistem Bahan Bakar Pada Lokomotif CC201 Di PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 9 Jember

Annasa, Naufal Azriel (2022) Perawatan Sistem Bahan Bakar Pada Lokomotif CC201 Di PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 9 Jember. Other. Naufal Azriel Annasa. (Submitted)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (186kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (265kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (165kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
PKL Full.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Praktik Kerja Lapang (PKL) adalah kegiatan mahasiswa untuk belajar secara langsung di perusahaan atau industri lainya, yang diharapkan dapat menjadi tempat pengembangan. keterampilan dan keahlian pada diri mahasiswa. Kegiatan Praktik Kerja Lapang ini dilaksanakan di PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 9 Jember selama 3 bulan, mulai dari bulan Oktober sampai dengan bulan Desember 2021. Tujuan dari Praktik Kerja Lapang ini adalah untuk mempelajari dan mempraktikkan bagaimana cara perawatan sistem aliran udara pembakaran pada lokomotif CC 201. Pada Dipo Lokomotif Daop 9 Jember sendiri, terdapat program perawatan bulanan lokomotif yang diadakan secara rutin. Mulai dari perawatan harian dan perawatan bulanan. Kemudian kepala ruas pemeliharaan membagikan Check Sheet ke setiap bagian pengawas devisi. Pada lokomotif CC 201 terdapat 4 (empat) sistem yang dilakukan perawatan. Berikut ini merupakan sistem yang dilakukan perawatan pada motor diesel lokomotif CC 201 yaitu (1) sistem pelumasan, (2) sistem air pendingin, (3) sistem bahan bakar, dan (4) sistem udara pembakaran Secara sederhana, Sistem bahan bakar merupakan bagian dari komponen yang terdapat pada motor diesel. Sistem bahan bakar yang berfungsi mangatur aliran bahan bakar yang tersimpan dalam tangki hingga menuju ke ruang pembakaran. Sistem bahan bakar ini sangat vital karena mengigat bawah sangat berkaitan dengan penyedian tenaga yang berasal dari bahan bakar. Pada motor diesel udara yang dikomperesikan menimbulkan tekanan dan temperatur yang tinggi sehingga dapat membakar solar yang di semprotkan melalui Nozzle injector yang kualitas bakarnya di tunjukan dengan angka setana antara 40 – 45. Semakin tinggi angka setana menujukan solar tersebut akan muda terbakar dan semakin rendah angka setana akan semakin sukit solar tersebut untuk terbakar. Minyak solar ini biasa disebut juga Automotive Diesel Oil (ADO) atau High Speed Diesel (HSD). Dalam pelakasanan perawatan sistem bahan bakar pada montor diesel elektrik pada lokomotif CC 201 ditemukan beberapa permasalaha yang timbul pada montor diesel .berikurt ini merupakan beberapa permasalahan yang timbul pada sistem bahan bakar lokomotif CC20 adalah asap tebal dan tenaga lemah.

Item Type: Monograph (Other)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSuranto, Dwi DjokoNIDN0023066107
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 431 - Teknik Mesin (dan Ilmu Permesinan Lain)
Divisions: Jurusan Teknik > Prodi D4 Teknik Energi Terbarukan > PKL
Depositing User: Naufal Azriel Annasa
Date Deposited: 09 Aug 2023 03:41
Last Modified: 09 Aug 2023 03:42
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/27683

Actions (login required)

View Item View Item