Hubungan Status Gizi Pekerjaan Ibu, Pendapatan Keluarga, dan Ketahanan Pangan Keluarga terhadap Pola Pemberian Makan Balita Gizi Kurang

Putri, Saffna Azalika (2023) Hubungan Status Gizi Pekerjaan Ibu, Pendapatan Keluarga, dan Ketahanan Pangan Keluarga terhadap Pola Pemberian Makan Balita Gizi Kurang. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Saffna Azalika Putri_BAB I_Skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (191kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Saffna Azalika Putri_DafPus_Skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (419kB)
[img] Text (Skripsi Lengkap)
Saffna Azalika Putri_Lengkap_Skripsi.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (822kB) | Request a copy
[img] Text (Abstract)
Saffna Abstract.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (184kB)

Abstract

Pola pemberian makan adalah salah satu indikator dari baik buruk-nya pola makan balita. Pola pemberian makan balita yang kurang baik dapat memperburuk masalah gizi pada balita gizi kurang. Dukungan ibu maupun keluarga adalah aspek penting dalam keberhasilan pola pemberian makan balita dalam aspek pendapatan dan ketahanan pangan keluarga. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya hubungan status pekerjaan ibu, pendapatan keluarga, dan ketahanan pangan keluarga terhadap pola pemberian makan anak balita gizi kurang di Desa Menampu, Kecamatan Gumukmas, Jember. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan jenis metode analitik korelasi dan rancangan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 55 ibu dan balita gizi kurang, analisa data dilakukan dengan analisis univariat dan bivariat dengan uji Chi-Square. Diperoleh hasil uji Chi-Square dalam penelitian ini pada variabel status pekerjaan ibu, pendapatan keluarga dan ketahanan pangan keluarga dengan p-value berturut-turut yaitu 0,541, 0,002 dan 0,00. Artinya, tidak ada hubungan yang signifikan antara status pekerjaan ibu terhadap pola pemberian makan balita gizi kurang, ada hubungan signifikan antara pendapatan keluarga terhadap pola pemberian makan balita gizi kurang, dan ada hubungan signifikan antara ketahanan pangan keluarga terhadap pola pemberian makan balita gizi kurang di Desa Menampu. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka penulis berharap kepada peneliti selanjutnya, untuk menambahkan variabel-variabel lain agar mendapatkan gambaran hubungan pola pemberian makan balita di Desa Menampu, Kecamatan Gumukmas Jember seperti tingkat pendidikan, pengetahuan dan keterampilan ibu dan jumlah asupan makan balita.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorElisanti, Alinea DwiNIDN0711128001
Uncontrolled Keywords: Pekerjaan ibu, pendapatan keluarga, ketahanan pangan, pola pemberian makan, gizi kurang
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 354 - Ilmu Gizi
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Gizi Klinik > Tugas Akhir
Depositing User: Saffna Azalika Putri
Date Deposited: 03 Aug 2023 01:34
Last Modified: 03 Aug 2023 01:35
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/27506

Actions (login required)

View Item View Item