Produksi dan Pemasaran Almond Crispy Tepung Kacang Hijau

Raharfika, Dinda Awwalia (2023) Produksi dan Pemasaran Almond Crispy Tepung Kacang Hijau. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Masyarakat Indonesia saat ini banyak mengonsumsi makanan yang berbahan dasar dari tepung terigu akibatnya kebutuhan tepung terigu semakin meningkat. Meningkatnya kebutuhan terigu ini berdampak pada tingkat konsumsi gandum di Indonesia, namun produksi gandum belum tercukupi sehingga untuk memenuhi kebutuhan gandum Indonesia dengan cara mengimpor dari negara lain. Maka dari itu perlu dilakukan inovasi terhadap bahan pangan lokal untuk mengurangi konsumtifitas terhadap bahan pangan ekspor. Salah satu bahan pangan lokal yang banyak ditemukan dan tidak tergantung musim adalah kacang hijau. Ketersediaanya yang banyak, serta kandungan gizi dari kacang hijau juga tidak kalah dengan tepung terigu, maka dari itu kacang hijau bisa dijadikan opsi untuk pengurangan konsumsi tepung terigu. Pada proyek usaha mandiri (PUM) ini tepung kacang hijau akan disubsitusikan pada produk kue kering yaitu almond crispy untuk melihat daya terima masyarakat terhadap tepung kacang hijau, serta analisa kelayakan usaha, serta cara produksi yang optimal. Tahapan metode pelaksanaan proyek ini yaitu mulai dari pra produksi, produksi, sampai analisis usaha. Karena masih sedikit inovasi yang dilakukan pada almond crispy, maka dilakukanlah inovasi ini yaitu mengganti tepung terigu yang sebelumya merupakan bahan baku almond crispy dengan tepung kacang hijau. Almond Crispy sendiri merupakan cemilan yang mulai dikenal di Surabaya pada tahun 2012. Almond Crispy merupakan hasil variasi dari cookies atau kue kering yang berbentuk pipih dan bertekstur renyah. Saat ini di Surabaya, dalam kurun waktu 5 tahun terakhir Almond Crispy menjadi primadona remaja, hal ini dapat terlihat dari keberdaan produk Almond Crispy yang ada baik di pusat perbelanjaan dan toko – toko di area public Surabaya. Proses Produksi Almond Crispy tepung kacang hijau dilakukan sebanyak 10 kali produksi dengan menghasilkan produk sebanyak 100 kemasan. Setiap produksi menghasilkan 10 kemasan dengan masing – masing berat 70gr yang dijual dengan harga Rp.20.000 per kemasan. Metode pemasaran yang dilakukan yaitu secara langsung dan tidak langsung, pemasaran langsung dilakukan dengan menawarkan produk secara langsung kepada konsumen, sedangkan pmasaran tidak langsung pemasaran dilakukan melalui media sosial melalui aplikasi whatsapp, dan isntagram, Penjualan mendapatkan keuntungan sebesar Rp. 530.235 dengan laju keuntungan 36,07 %, R/C rasio sebesar 1.36, yang dimana apabila nilai R/C rasio >1 maka usaha tersebut layak untuk dilanjutkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSubaktilah, YaniNIDN0021098501
Uncontrolled Keywords: Almond Crispy Tepung Kacang Hijau, Produksi, Pemasaran
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 162 - Teknologi Hasil Pertanian
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Teknologi Industri Pangan > Tugas Akhir
Depositing User: Dinda Awwalia Raharfika
Date Deposited: 01 Aug 2023 04:07
Last Modified: 01 Aug 2023 04:08
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/27296

Actions (login required)

View Item View Item