Teknologi Benih Jagung Mandul Jantan (Cytoplasmic Male Sterility) Di Seeds Development Syngenta Indonesia Site Papar Kediri

Fajariyani, Julia (2023) Teknologi Benih Jagung Mandul Jantan (Cytoplasmic Male Sterility) Di Seeds Development Syngenta Indonesia Site Papar Kediri. [Experiment] (Submitted)

[img] Text (Ringkasan)
JULIA FAJARIYANI_A41191703_RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (109kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
JULIA FAJARIYANI_A41191703_BAB 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (118kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
JULIA FAJARIYANI_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (107kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
JULIA FAJARIYANI_A41191703_MKI_ Full-text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Jagung (Zea mays L.) merupakan bagian dari sub sektor tanaman pangan yang memberikan andil bagi pertumbuhan industri hulu dan pendorong industry hilir yang kontribusinya pada pertumbuhan ekonomi nasional cukup besar. Magang Kerja Industri (MKI) adalah kegiatan implementasi sistematis dan penyelarasaan program pendidikan di perkuliahan dengan dunia kerja, Magang Kerja Industri (MKI) adalah salah satu jenis kegiatan pendidikan di luar kampus yang memungkinkan mahasiswa mendapatkan pengalaman belajar dan berpartisipasi dalam tugas yang diberikan langsung oleh perusahaan atau industri. Pelaksanaan Magang Kerja Industri dilakukan selama ± 4 bulan sejak 6 Maret 2023 sampai 6 Juli 2023 di kantor dan lahan Seeds Development Syngenta Indonesia Site Papar Kediri. PT. Syngenta Indonesia merupakan perusahaan multinasional yang bergerak dibidang produksi pembenihan jagung hibrida. Seeds Development Syngenta Indonesia Site Papar Kediri menjadi fasilitas research dan pengembangan jagung hibrida. Fokus uji cobanya diantaranya adalah pemuliaan dan pengembangan tanaman jagung serta penelitian penyakit tanaman. Fasilitas ini menghasilkan benih jagung hibrida unggulan yang sukses di pasar seperti NK Perkasa, NK Super, NK Hebat, NK Juara, NK Andalan, dan lain-lainnya. Seeds Development Syngenta Indonesia Site Papar Kediri terus berupaya melakukan research dan pengembangan jagung hibrida unggulan yang sukses di pasar. Benih mandul jantan (cytoplasmic male sterility) merupakan salah satu upaya pengembangan Seeds Development Syngenta Indonesia Site Papar Kediri. Cytoplasmic Male Sterility (CMS) menjadi komponen berharga dalam produksi benih jagung hibrida. CMS dapat mengurangi biaya tenaga kerja, efisien dan menghemat waktu karena dengan karakter CMS atau mandul jantan ini tidak perlu dilakukan detasseling/ pemotongan bunga jantan. Kegiatan produksi benih jagung mandul jantan (Cytoplasmic Male Sterility) adalah dengan terus - menerus dilakukannya backcross ini adalah untuk mendapatkan tanaman A’cms (Tanaman A yang memiliki karakter cms (tassel sterile tetapi silk tetap fertile) dengan karakter atau sifat dari tetua A tetap ada (mewarisi) dan sama. Pada tahapan ini dilakukan pengambilan sampel daun (leaf sampling) pada seluruh populasi tanaman. Tujuan pengambilan sampel tanaman adalah untuk mengetahui dan mendapatkan hasil analisis marka molekuler secara genetik galur CMS yang ditanam sudah sesuai dengan tetua asalnya. Setelah hasil analisis marka molekuler didapatkan, sampel tanaman yang tidak sesuai dengan analisis marka molekulernya dilakukan discard, sedangkan tanaman yang sesuai dilakukan pemeliharaan hingga panen.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorRahayu, SriNIDN1009098403
Uncontrolled Keywords: cms,mandul jantan, jagung,male sterility
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 156 - Pemuliaan Tanaman
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 169 - Ilmu Pangan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D4 Teknik Produksi Benih > PKL
Depositing User: Julia Fajariyani
Date Deposited: 01 Aug 2023 06:50
Last Modified: 01 Aug 2023 06:51
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/27163

Actions (login required)

View Item View Item