Pengaruh Moisture Gandum Terhadap Moisture Tepung Terigu Cap "CK Dan CKI" Di Mill C PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. Divisi Bogasari Flour Mills Surabaya

Putri, Dwi Oktaviana (2023) Pengaruh Moisture Gandum Terhadap Moisture Tepung Terigu Cap "CK Dan CKI" Di Mill C PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. Divisi Bogasari Flour Mills Surabaya. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
1. Dwi Oktaviana Putri D31201022 - Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (98kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
2. Dwi Oktaviana Putri D31201022 - Bab 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (292kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
3. Dwi Oktaviana Putri D31201022 - Full Test.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. Dwi Oktaviana Putri D31201022 - Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (94kB)

Abstract

PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. Divisi Bogasafi Flour Mills Surabaya merupakan produsen tepung terkemuka dan termasuk dalam salah satu obyek vital bidang pangan yang ada di Indonesia. Selain itu, PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. Divisi Bogasafi Flour Mills Surabaya telah memenuhi kebutuhan masyarakat akan tepung terigu sejak tahun 1971. PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. Divisi Bogasafi Flour Mills Surabaya memiliki 8 unit penggilingan yaitu A,B,C,D,E,F,G dan H dengan berbagai merk tepung yang dihasilkan serta PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. Divisi Bogasafi Flour Mills Surabaya juga memproduksi by product yaitu bran, pollard, dan pellet dengan berbagai merk serta tepung non pangan (industrial flour). Seksi Mill merupakan salah satu departemen yang ada di PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. Divisi Bogasafi Flour Mills. Mill memiliki tugas utama yaitu mengolah gandum menjadi tepung terigu dengan berbagai merk. Mill CD merupakan salah satu gedung mill yang di miliki oleh PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. Divisi Bogasafi Flour Mills Surabaya. Mill CD memiliki 2 unit proses produksi yaitu mill C dan mill D dimana keduanya memiliki tugas yang sama yaitu mengolah gandum menjadi tepung terigu dengan merk dagang Cakra Kembar (CK), Cakra Kembar Industri (CKI), Cakra Kembar Emas (CKE) dan Cakra Kembar Mie (CKM). Moisture merupakan indikator dari ketahanan atau keawetan produk. Gandum atau tepung terigu yang memiliki kandungan air/Moisture yang tinggi (lebih dari 14,5%) mudah untuk ditumbuhi jamur, bakteri dan serangga yang menyebabkan kerusakan selama masa penyimpanan sedangkan pada gandum yang memiliki kandungan air/moisture yang rendah cenderung stabil pada masa penyimpanan. Tujuan penelitian dari pengaruh moisture gandum terhadap mositure tepung terigu cap CK dan CKI di Mill C yaitu untuk mengetahui berapa banyak terjadinya moisture loss tepung, faktor apa saja yang menyebabkan moisture loss dan bagaimana cara pengendalian moisture loss. Setelah dilakukan penelitian dapat disimpulkan terjadi moisture loss sebanyak 2% dari awal proses produksi hingga menjadi tepung, faktor yang mempengaruhi moisture loss yaitu pada proses pneumatic system, breaking, shifting dan purification serta cara pengendalian moisture loss yaitu dengan cara dampening dan conditioning time.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMahanani, Retno SariNIDN0007057003
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Moisture, Gandum, Tepung Terigu
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 576 - Manajemen Industri
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > PKL
Depositing User: Dwi Oktaviana Putri
Date Deposited: 31 Jul 2023 08:40
Last Modified: 31 Jul 2023 08:43
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/27162

Actions (login required)

View Item View Item