Aqsar, Ahmad Farhan Afadilah (2023) Analisis Usaha Pengolahan Keripik Buah Naga Di Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.
Text (ABSTRAK)
Abstrak Ahmad.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (29kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
Bab 1 Pendahuluan Ahmad.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (33kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka Ahmad.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (150kB) |
|
Text (LAPORAN LENGKAP)
Laporan Lengkap Ahmad.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Keripik buah naga merupakan makanan ringan yang sangat cocok dijadikan sebagai cemilan. Keripik Buah Naga banyak diminati oleh masyarakat karena rasanya yang enak dan memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh selain itu keripik buah naga juga memiliki harga yang terjangkau. Tujuan dari kegiatan Tugas Akhir antara lain untuk melakukan pembuatan keripik buah naga, melakukan analisis usaha keripik buah naga dan melakukan penerapan bauran pemasaran Keripik Buah Naga. Kegiatan tugas akhir ini dilaksanakan di Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi dimulai pada tanggal 27 September 2022 sampai 20 Januari 2023. Metode analisis yang digunakan yaitu BEP, R/C Ratio dan ROI. Pemasaran yang digunakan pada usaha ini meliputi 4P yakni Produk (Product), Harga (Price), Promosi (Promotion), Tempat (Place). Proses produksi yang telah dilakukan sebanyak 5 kali produksi dan untuk satu kali produksi membutuhkan 1 tenaga kerja.Berdasarkan kegiatan yang telah dilaksanakan adapun tahapan proses pembuatan keripik buah naga yaitu persiapan alat dan bahan, pencucian bahan, pembuatan adonan, pembentukan adonan, pembentukan adonan, penggorengan, pelabelan serta penimbangan dan pengemasan. Hasil analisis BEP (Produksi) sebesar 22,5411 kemasan dengan volume penjualan sebesar 30 kemasan dalam satu kali produksi, BEP (Harga) sebesar Rp. 5.259,6 per kemasan dengan harga jual sebesar Rp. 7.000per kemasan, R/C Ratio 1,33 dan ROI 5,95%. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut usaha Keripik Buah Naga ini layak untuk diusahakan. Saluran pemasaran yang digunakan yaitu saluran pemasaran langsung dan pemasaran tidak langsung. Promosi yang digunakan adalah dengan cara personal selling atau bertemu langsung dan memperkenalkan produk terhadap calon konsumen dan promosi secara tidak langsung yaitu dengan memanfaatkan media sosial WhatsApp dan Instagram.
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Analisis Usaha, Keripik Buah Naga | ||||||
Subjects: | 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 185 - Agribisnis 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 574 - Pemasaran |
||||||
Divisions: | Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir | ||||||
Depositing User: | AHMAD FARHAN AFADILAH AQSAR | ||||||
Date Deposited: | 28 Jul 2023 07:34 | ||||||
Last Modified: | 28 Jul 2023 07:35 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/26782 |
Actions (login required)
View Item |