Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan Benih Jagung Manis (Zea mays saccharata) Varietas YS 12 Produksi CV. Danau Tondano Seed Expert Jember

Hasanuddin, Hasanuddin (2023) Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan Benih Jagung Manis (Zea mays saccharata) Varietas YS 12 Produksi CV. Danau Tondano Seed Expert Jember. Masters thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (48kB)
[img] Text (Bab 1. Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (62kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (123kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
TESIS hasan acc bendel dengan materai tanpa lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Sektor pertanian merupakan unggulan dalam perekonomian Indonesia. Diantaranya adalah membantu meningkatkan perekonomian untuk memenuhi kebutuhan pangan, karena pangan merupakan kebutuhan dasar untuk keberlangsungan hidup suatu bangsa sehingga pangan harus selalu cukup tersedia. Komoditas pangan yang menjadi penyumbang impor terbesar salah satunya adalah Jagung. Jagung adalah salah satu serealia dengan nilai ekonomi tinggi dan memiliki peluang untuk dikembangkan sebab kedudukannya sebagai sumber gizi yang baik bagi manusia. Salah satu perusahaan yang mengembangkan jagung manis adalah CV. Danau Tondano Seed Expert Jember yang berkedudukan di wilayah Kabupaten Jember. Salah satu varietas jagung manis yang dimiliki oleh CV. Danau Tondano Seed Expert Jember ini adalah varietas YS 12 yang sudah dilepas oleh kementrian pertanian RI dengan nomor : 27/Kpts/PV.240/D/I/2023. YS 12 merupakan varietas baru yang sudah melalui serangkaian uji kesesuaian varietas, uji produksi benih, uji organoleptik. Menurut deskripsi varietas YS 12 ini mempunyai potensi produksi ± 380 gr/ tongkol atau sekitar ± 18,5 ton /Ha tongkol segar dengan populasi berkisar 53.000 tanaman /Ha. Pada tahun 2023 ini CV. Danau Tondano Seed Expert Jember merencanakan akan memproduksi dan menjual benih jagung manis varietas YS 12 sebanyak 2 ton yang akan dijual perdana di beberapa sentra utama jagung manis yang ada di wilayah Kabupaten Jember, Bandung, Kediri, Malang, dan Boyolali. Penjualan menggunakan beberapa strategi antara lain penjualan langsung melalui toko/ kios pertanian, jaringan distributor ataupun juga melalui para penebas jagung manis. Penelitian ini bermaksud untuk menghimpun dan menganalisi faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi strategi pemasaran, merumuskan strategi alternatif strategi pemasaran serta merumuskan prioritas strategi pemasaran produk benih jagung varietas YS 12 di CV. Danau Tondano Seed Expert Jember. Berdasarkan hasil penelitian faktor internal yang mempengaruhi strategi pemasaran benih jagung manis varietas YS 12 di CV. Danau Tondano Seed Expert Jember adalah indikator kelengkapan legalitas benih. Hal ini dikarenakan legalitas merupakan faktor utama suatu benih bisa dijual dan diedarkan secara luas di wilayah hukum Negara Republik Indonesia. Faktor Eksternal yang mempengaruhi strategi pemasaran benih jagung manis varietas YS 12 di CV. Danau Tondano Seed Expert Jember adalah pasar yang masih terbuka luas dan permintaan pasar yang masih terus berkembang. Seiring dengan perubahan pola konsumsi masyarakat terhadap jagung manis, yang sebelumnya hanya digunakan sebagai jagung bakar namun sekarang berbagai inovasi resep masakan juga menggunakan jagung manis sebagai bahan bakunya. Pasar semakin terbuka luas, karena penggunaan jagung manis sebagai bahan pangan tidak hanya berkembang di daerah perkotaan namun sudah meluas sampai ke seluruh wilayah pedesaan. Strategi pemasaran produk benih jagung manis varietas YS 12 di CV. Danau Tondano Seed Expert Jember memiliki posisi nilai pada kuadran V yaitu menjaga dan mempertahankan (Hold and Maintain) adalah strategi yang tepat untuk dijadikan alternatif strategi utama dalam hal pengambilan keputusan perusahaan dalam memasarkan produk tersebut. Strategi prioritas untuk pemasaran benih jagung manis varietas YS 12 produksi CV. Danau Tondano Seed Expert Jember adalah mengoptimalkan peran tenaga pemasaran dan peningkatan volume promosi untuk memperluas jaringan pemasaran produk, mengoptimalkan branding produk untuk menghadapi persaingan dan meningkatkan produksi dan persediaan bahan baku untuk mengatasi fluktuasi ketersediaan dan harga bahan baku.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorIskandar, RidwanNIDN0018095903
Uncontrolled Keywords: AHP, jagung manis, pemasaran, SWOT, YS 12
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 156 - Pemuliaan Tanaman
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 183 - Ekonomi Pertanian
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 185 - Agribisnis
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 574 - Pemasaran
Divisions: Program Pascasarjana > Prodi S2 Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Hasanuddin Hasanuddin
Date Deposited: 01 Aug 2023 07:31
Last Modified: 01 Aug 2023 07:32
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/26747

Actions (login required)

View Item View Item