Analisis Usaha Molen Aneka Rasa Di Desa Bendilwungu Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung

Wahyu Bagaskara, Aditya (2023) Analisis Usaha Molen Aneka Rasa Di Desa Bendilwungu Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (203kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (413kB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (201kB)

Abstract

Tujuan dari tugas akhir ini yakni dapat melakukan proses produksi, analisis usaha, serta melaukan pemasaran udaha molen aneka rasa. Pelaksanaan tugas akhir ini berlangsung selama 6 bulan dimulai tanggal 17 Juni 2022 hingga 20 Desember 2022 di Desa Bendilwungu Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung. Produksi molen aneka rasa ini dilakukan sebanyak 5 kali proses produksi dari bulan Oktober sampai dengan bulan Desember. Dalam 1 kali produksi mampu menghasilkan 16 kemasan dengan berat 140 gram dengan harga jual sebesar Rp 8.000/kemasan. Adapun analisis usaha yang dilakukan untuk mengetahui kelayakan usaha ini menggunakan tiga analisis yaitu Break Event Point (BEP), Revenue Cost Ratio (R/C Ratio), Return On Investment (ROI). Berdasarkan analisis usaha yang dilakukan dapat diketahui dalam 1 kali proses produksi mengahasilkan laba sebesar Rp 17,819,09, BEP (harga) sebesar Rp. 6.886,31 dengan harga jual sebesar Rp. 8.000, BEP (produksi) sebanyak 13,77 kemasan dengan hasil produksi sebanyak 16 kemasan, R/C Ratio sebesar 1,16, dan ROI sebesar 2,69%. Berdasarkan ketiga analisis usaha yang telah dilakukan dapat dikatakan bahwasannya usaha molen aneka rasa ini menguntungkan dan layak untuk di lanjutkan. Produk molen aneka rasa ini dipasarkan melalui pemasaran secara langsung dari produsen langsung kepada konsumen tanpa melalui perantara. Adapun promosi yang dilakukan yaitu melalui WhatsApp dan secara langsung (personal selling) yang dirasa cukup efektif dan mudah di lakukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAbdurahman, AlwanNIDN0001016346
Uncontrolled Keywords: Gizi Tepung, Analisis Usaha, Agribisnis Teh, Kewirausahaan, Pengantar Bisnis
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 574 - Pemasaran
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: ADITYA WAHYU BAGASKARA
Date Deposited: 28 Jul 2023 04:59
Last Modified: 28 Jul 2023 05:00
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/26744

Actions (login required)

View Item View Item